by

Pekan Depan Disdukcapil Fungsikan ADM

Ambon, BKA- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon memastikan, pekan depan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) akan difungsikan. Mesin tersebut akan dimanfaatkan untuk mencetak Kartu Tanda Pengenal (KTP), Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA) dan Akta Kelahiran.

Tentunya dengan mesin tersebut, akan membantu pihak Disdukcapil memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota bertajuk Manise ini.

Kepala Disdukcapil Kota Ambon, Marcella Haurissa mengatakan, alat cetak ADM sudah ada. Sementara yang lain masih dalam pengiriman. Dan dalam waktu dekat sebagian alat untuk ADM itu akan tiba.

“Pasti kalau alat sudah didatangkan, langsung dipasang. Karena alat sudah diantar,” sebut Haurissa, kepada wartawan, Rabu (18/11).

Dijelaskan, mesin tersebut, sebenarnya harus dilaunching pada 7 September 2020 lalu. Hanya saja, ADM itu mengalami keterlambatan pengiriman.

“Jadi kemarin kalau memang tetap luncurkan, kami harus tetap pakai pelayanan yang ada disini (manual). Harusnya kalau sudah diluncurkan, pelayanan disini tidak jalan, kalau luncur saja lalu habis itu kami tidak pelayanan kan repot,” sebut dia.

Dia menambahkan, dengan mesin tersebut dapat membantu mempercepat proses pencetakan kartu identitas, serta mengurangi penumpukan masyarakat.

Apalagi Kota Ambon, lanjut dia, masih berada dalam zona orange penyebaran Covid-19. Dan diharapakan mesin ini juga dapat membawa masyarakt untuk dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru.

“Sangat penting karena dia bisa mengurai kerumunan yang ada disini. Karena dalam mesin ADM itu semua dokumen bisa di print disitu. Asal mereka sudah mengurus, misalnya kartu keluarga sudah perbaiki, urus semua tinggal print saja,” tutup Haurissa. (BKA-1)

Comment