by

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Tunggu Juklak

Ambon, BKA- Pemerintah Kota Ambon hingga kini masih menunggu petunjuk pelaksana (juklak) dari Pemerintah Pusat, terkait teknis pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Ambon. Namun dipastikan, ada 7 rumah sakit dan 22 puskesmas serta 1 kantor KKP yang telah siap lakukan pelayanan vaksinasi Covid-19.

Selain itu, para vaksinator yang sudah disiapkan untuk melayani proses penyuntikan vaksin Covid-19, juga dinyatakan siap.
“Persiapan teknis oke. Cuma sampai hari ini kan kita belum dapat tentang pelaksanaannya. Kalau soal kesiapan sudah oke. Jadi soal Fasyankes sudah oke, tim teknisnya sudah oke. Cuma kita belum dapat Juklaknya seperti apa,” ungkap Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, kepada wartawan, Selasa (12/1)
Richard berharap, sebelum pelaksanaan vaksinasi dilakukan serentak se-Indonesia pada tanggal 14 Januari 2021, Juklak dari Pemerintah Pusat sudah keluar.

“Mungkin dalam sehari dua ini sudah ada. Vaksinasi akan jalan tanggal 14, itu tunggu petunjuk dari Jakarta. Juga soal izin BPOM, kita tunggu dulu. Kalau sudah ada green light dari Jakarta, sudah kita siap pelaksanaannya,” cetusnya.

Diakuinya, Provinsi Maluku mendapatkan jatah vaksin sebanyak 15.000. Yakni pelaksanaan vaksinasi tahap pertama untuk kota Ambon, akan diperuntukkan buat para tenaga keshatan kurang lebih sebanyak 3.000 orang.

“Itu tahap pertama dulu. Tahap kedua itu kan untuk para pegawai pelayanan publik, termasuk TNI Polri dan yang berusia diatas 60 tahun. Nah kita tunggu dulu dia punya petunjuk dari Jakarta. Kalau sudah oke, ya sudah kita jalan,” ucap dia.

Menurut Richard, pihak puskesmas sudah melakukan sosialisasi terkait vaksinasi Covid-19. “Sudah, sudah jalan itu. Kan Puskesmas sudah sosialisasi dengan cara pendaftaran usia 18-59 itu, sudah semua itu kan,” tutupnya (IAN)

Comment