by

Pelanggar Prokes Berkurang di Teluk Ambon

Ambon, BKA- Tim Gugus Tugas (Gustu) Percepatan dan Penanganan Covid-19 mengaku, pelanggar protokol kesehatan (prokes) untuk wilayah kecamatan Teluk Ambon semakin berkurang. Hal ini sesuai dengan Operasi Yustisi yang dilakukan pada wilayah tersebut, Selasa (20/10).

“Rata-rata para pengendara, baik roda dua maupun empat atau enam tetap menggunakan masker. Dan juga menjaga kapasitas penumpang,” ungkap Koordinator Fasilitas Umum Gugus Tugas (Gustu) Covid-19 Kota Ambon, Ricard Luhukay, kepada koran ini, Selasa (20/10).

Dirinya mengaku, tidak bisa menyebutkan berapa jumlah pelanggar yang telah terjaring razia yustisi di kecamatan Teluk Ambon. Namun Ia memastikan, ada penurunan terhadap pelanggar prokes. Baik untuk wilayah Teluk Ambon maupun beberapa kecamatan lainnya.

“Informasinya belum masuk. Rekan-rekan PPNS yang lebih paham. Tapi yang jelas ada penurunan dari beberapa lokasi yustisi sebelumnya, yang terjadi saat ini,” terang dia.

Dijelaskan, selain razia bagi pengendara, tim Gustu Covid-19 juga menyasar ke pelosok desa/negeri maupun kelurahan di Teluk Ambon. Untuk mensosialisasikan tentang pentingnya protokol kesehatan, ketika beraktivitas di luar rumah.

“Seperti biasanya kami (Gustu) melakukan sosialisasi dan himbauan, hingga memberikan teguran ketika kedapatan warga yang beraktivitas di lingkungan tidak memakai masker,” sebut dia.

Luhukay menambahkan, bukan hanya teguran atau sosialisasi, tetapi sanksi sosial juga diberikan kepada masyarakat yang sengaja tidak mengindahkan anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan.
Sekedar tahu, sanksi sosial yang diberikan kepada masyarakat, berupa phus-up hingga menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. (BKA-1)

Comment