by

Pelindo Didesak Siapkan Parkiran Truk

Ambon, BKA- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon mendesak PT Pelindo IV (Persero) cabang Ambon, untuk segera menyiapkan lahan parkir khusus bagi kendaraan truk yang mengangkut barang. Sebab, pengemudi truk hingga kini masih menggunakan badan jalan Yos Sudarso, sebagai lahan parkir.

“Salah satu badan usaha yang membidangi jasa pengangkutan barang, mestinya Pelindo bisa menyediakan tempat parkir khusus untuk truk. Agar, truk-truk tersebut tidak diparkirkan di sepanjang badan jalan Yos Sudarso,” tegas Plt Kepala Dinas (Dishub) Kota Ambon, Robby Sapulette, kepada wartawan, Rabu (3/2).

Menurut Robby, akibat parkir dibadan jalan, membuat arus lalu-lintas menjadi padat. “Dampak dari truk-truk yang parkir di badan jalan Yos Sudarso, adalah kecamatan lalu-lintas,” sebutnya.

Dijelaskan, selama ini Pelindo hanya menyediakan tempat untuk proses bongkar muat kontainer. Tetapi parkiran untuk truk tidak pernah dibuat.
“Mendesak dengan sangat, agar ke depan Pelindo bisa menyediakan tempat parkir khusus truk. Kawasan jalan Yos Sudarso harus dikosongkan, sebab itu tidak bisa dijadikan sebagai tempat parkir truk,” tegasnya.

Robby juga meminta, agar toko-toko bangunan dapat menyediakan lahan parkir khusus truk. Sehingga proses bongkar muat tidak dilakukan pada badan jalan.
“Sekarang yang terjadi adalah, ada banyak toko sembako di Kota Ambon tidak memiliki lahan parkir untuk menunjang aktivitasnya. Padahal, ini sangat perlu dilakukan guna menghindari kemacetan,” terangnya.

Dia kembali mengingatkan, agar masukan yang disampaikan ini dapat ditindaklanjuti oleh PT Pelindo IV Cabang Ambon. Karena jika tidak disediakan lahan parkir khusus truk, maka sangat berdampak bagi arus lalu-lintas. (IAN)

Comment