by

Peluang Inter Akhiri Puasa 20 Tahun Italia di Liga Europa

Sebagai salah satu negara kekuatan besar Eropa, miris melihat Italia tidak menjuarai Liga Europa atau Piala UEFA selama 20 tahun. Puasa itu mungkin bisa diakhiri oleh Inter Milan musim ini.

Dengan label sebagai salah satu kompetisi elite Eropa, klub-klub Itaia punya catatan memalukan di Liga Europa. Dalam 20 tahun terakhir, klub Italia tidak pernah ada yang memenangkan turnamen ini baik saat masih bernama Piala UEFA atau ketika berganti nama jadi Liga Europa sejak 2010.
Klub Italia terakhir yang memenangkan turnamen ini adalah Parma di musim 1998/1999 ketika mereka menaklukkan Marseille dengan skor 3-0 di babak final.

Padahal dalam durasi 20 tahun tersebut, bukan hanya klub-klub Spanyol dan Inggris yang pernah memenangkan turnamen, melainkan juga klub dari Rusia [CSKA Moskow dan Zenit St. Petersburg] dan Ukraina [Shakhtar Donetsk] juga pernah memenangkannya.

Puasa 20 tahun itu berpeluang diakhiri oleh Inter Milan di musim ini. Inter sudah lolos ke babak semifinal setelah mengalahkan Bayer Leverkusen dengan skor 2-1.

Di babak semifinal, Inter tinggal menanti pemenang duel Shahktar Donetsk lawan Basel. Di atas kertas, Inter punya kekuatan di atas dua calon lawannya tersebut.

Sementara itu di blok atas, Manchester United juga sudah menjejakkan kaki ke babak semifinal dengan mengalahkan Copenhagen 1-0. MU bakal berjumpa pemenang duel Sevilla lawan Wolverhampton.

Inter akan memainkan laga semifinal pada 17 Agustus mendatang. Inter sendiri terakhir kali memenangkan Piala UEFA pada 1997/1998 ketika menang atas Lazio di babak final. (INT)

Comment