by

Pembagian BLT DD Buru Tuntas

Ambon BKA- Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) di Kabupaten Buru berjalan dengan baik untuk tahun anggaran 2020.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Buru, M. Yamin Maskat. Ia mengatakan, proses administrasi dan pembagian BLT tidak ada masalah.

“Syukur Alhamdulillah, pembagian BLT 2020 untuk di Kabupaten Buru rata-rata mau dikatakan 99 persen berjalan dengan baik,” kata Yamin kepada Beritakota Ambon, Rabu (13/1).

Diakuinya, masih ada kendala dalam hal administrasi, namun masih bisa diatasi dengan baik. “Memang ada hal-hal kecil dalam hal administrasi itu masih ada kendala. Tapi hanya 00 sekian persen lah, rata-rata untuk BLT itu,” ungkapnya.

Orang nomor satu di PMD Buru ini menambahkan, walaupun ada kendala tapi hal itu tidak menjadi masalah karena masih bisa teratasi dengan baik.

“Untuk administrasi semua bukan saja untuk pembagian BLT. Tapi administrasi untuk pencarian DD, ADD maupun pembagian hasil pajak semua dari PMD selesai. Urusan administrasi di kita sudah selesai sekitar Desember tanggal-tanggal 11, tidak ada lagi kepala desa yang berurusan dengan kita semua sudah tuntas,” terangnya.

Dia berharap, untuk kedepannya para kepala desa lebih cepat dalam melaksanakan administrasi, sehingga pencarian tepat waktu. Agar tidak ada keterlibatan seperti pengalaman tahun-tahun lalu. Dan program yang sudah masuk kedalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) bisa berjalan sesuai waktu yang telah ditentukan.

“Untuk tahun 2021, kita harap agar kepala desa lebih mempercepat administrasinya. Sehingga pencarian juga cepat tepat waktu, tepat sasaran. Program juga berjalan sesuai dengan waktu yang telah disetujui dalam APBDes, agar tidak ada keterlibatan. Seperti itu yang diharapkan,” pungkasnya. (MSR)

Comment