by

Pembangunan dan Pemberdayaan Berjalan Seimbang

Ambon, BKA- Pembangunan Infrastruktur serta pemberdayaan masyarakat yang dilakukan setiap desa/ kelurahan untuk mencapai target desa/ kelurahan yang mandiri, Kelurahan Honipopu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, berjalan seimbang tahun 2020.

Hal tersebut disampaikan oleh Imelda Tahalele selaku Kepala Kelurahan Honipopu. Ia mengatakan, infrastruktur serta pemberdayaan yang ditetapkan dalam musrembang 2020 telah berjalan seimbang.

“Untuk infrastruktur kita bangun posyandu. kemudian untuk pemberdayaan kita lakukan berupa bantuan. Contohnya bantuan untuk kelompok UKM berupa barang-barang usaha,” katanya.

Imelda menjelaskan, anggaran dana kelurahan tidak bisa hanya digunakan untuk pemberdayaan atau pembangunan saja. Menurutnya, 2 program tersebut harus dijalankan dengan simbang untuk mencapai target kelurahan yang mandiri.

“Jika kita hanya jalankan pembangunan saja lalu bagaimana dengan pemberdayaan guna mensejahterakan warga?? Untuk itu kedua program tersebut, baik pembangunan ataupun pemberdayaan sebisa mungkin dijalankan dengan seimbang. Tapi disesuaikan dengan anggaran agar tidak bingung nantinya,” terangnya.

Ia mengatakan partisipasi serta peran masyarakat sangat penting. Dalam hal, membantu pihak kelurahan, menyampaikan setiap aspirasi yang kurang dikelurahan untuk dibenahi

“Aspirasi serta peran warga sangat penting. Dalam hal ini membantu pihak kelurahan melihat apa yang kurang yang harus dibenahi, guna mensejahterakan warga dan menjadikan Kelurahan Honipopu kedepannya menjadi kelurahan yang mandiri,” tutupnya (MG-2)

Comment