by

Pembangunan Gedung YCH Terkendala Covid-19

AMBON-BKA, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon berencana membangun gedung Youth Creative Hub (YCH) di tahun ini, dengan anggaran yang diperkirakan sebesar Rp 180 miliar. Namun gedung yang nantinya dikhususkan untuk anak muda kreatif di kota bertajuk Manise ini, terkendala Covid-19.

“Kurang lebih 180 miliar,” ungkap Kepala Bappeda-Litbang Kota Ambon, Enricho Matitaputty, kepada wartawan di Balaikota, Rabu (28/7).

Baca: Pemkot Belum Izinkan BTP

Mantan Kepala Dinas PUPR Kota Ambon ini mengaku, hingga kini pihaknya masih terus menunggu hasil rekomendasi yang dikeluarkan oleh Badan Intelejen Negara (BIN) Daerah.

“Kita masih menunggu rekomendasi dari BIN Daerah. Setelah itu, Kementerian PUPR Republik Indonesia akan menganggarkan kembali untuk pembangunan,” ungkap Enricho.

Menurut dia, yang menjadi masalah terkait rencana pembangunan gedung dimaksud, adalah merebaknya virus mematikan di Ibukota provinsi Maluku ini.

“Kondisi negara saat ini, saya pikir beratlah. Karena kondisi Covid-19. Karena anggaran yang akan dipakai bukan bernilai kecil, namun sangat besar,” sebutnya.

Dia juga menjelaskan, Pemkot Ambon telah mempersiapkan segala persyaratannya. Akan tetapi, tinggal menunggu rekomendasi dari BIN Daerah.

Baca juga:
Hative Besar Kembangkan Ekonomi Desa

Dan jika seluruhnya selesai, sambung Enricho, anggarana akan disetujui dan dikeluarkan. Kemudian pekerjaan pembangunan dilakukan.

“Semua sudah selesai. Karena syarat lahan clean and clear. Perencanaannya sudah ada di PUPR, Amdalnya sudah ada di DLHP. Amdal lalin, sudah ada di perhubungan, tinggal dialokasikan dana dari pusat,” pungkasnya. (IAN)

Comment