by

Pembangunan Mampu Tingkatkan Ekonomi Warga

Selain bantuan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang mampu mendongkrak ekonomi warga, Pemerintah Desa Hunuth, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, meyakini bahwa program pembangunan juga mampu meningkatkan ekonomi warga.

Sekertaris Desa Hunuth, Ampi mengatakan, program pembangunan yang sedang dijalankan saat ini, yakni pembangunan jalan setapak dan drainase. Dimana dalam pembangunan tersebut melibatkan masyarakat sekitar.

“Kita berdayakan masyarakat disini dengan beberapa tujuan. Yang pertama mereka punya pekerjaan meskipun tidak tetap namun ada. Kemudian mengurangi angka pengangguran,” kata Ampi, saat dihubungi koran ini, Kamis (10/6).

Ampi menjelaskan, pemberdayaan masyarakat, dapat diartikan sebagai suatu proses yang membangum masyarakat melalui pengembangan kemampuan masyarakat, perubahan perilaku masyarakat, dan pengorganisasian masyarakat.

Program pemberdayaan ini, kata dia, harus melibatkan warga sekitar, karena terkait dengan pengawasan dana desa. Agar warga bisa secara langsung melihatnya

“Kemampuan masyarakat yang dapat dikembangkan tentunya sangat banyak. Mulai dari, kemampuan berusaha, mencari informasi, pengelolaan kegiatan, nelayan, petani dan banyak lagi yang bisa dilakukan,” terangnya.

Ia berharap, dengan diberdayakan masyarakat dalam setiap program pembangunan di desa, dapat membantu meningkatkan ekonomi serta mengurangi adanya pengangguran tingkat desa.

“Inikan yang menjadi tujuan kita. Dan saya harap masyarakat yang bekerja juga jangan gengsi. Karena penyebab banyaknya pengangguran itu gengsi yang tinggi. Semoga program ini bisa dapat bermanfaat,” harapnya. (BKA-2)

Comment