by

Pembangunan SMK Tunggu Persetujuan Kemendikbud

Ambon, BKA- Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Annisah mengatakan, rencana pembangunan gedung SMK baru ditahun 2021 masih menunggu persetujuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

“Sementara ini kita masih tunggu belum ada keputusannya,” ujar Annisah, kepada wartawan, Rabu (6/1).
Sesuai jadwal, lanjut Annisah, rencananya Pihak Kemendikbud RI akan turun meninjau lokasi-loksi yang nantinya digunakan untuk pembangunan gedung SMK baru itu pada Januari 2021 ini. Hanya saja hingga saat ini belum ada pemberitahuan.

“Mungkin terkendala dengan situasi Covid-19 ini, sehingga rencana peninjauan itu sementara tertunda,” katanya.

Dikatakan, di tahun 2020 kemarin, pihaknya mengusulkan pembangunan enam gedung SMK baru yang tersebar di beberapa wilayah. Gedung SMK baru itu akan dibangun dan disesuaikan dengan potensi Sumber Daya Alam (SDA) pada wilayah tersebut. Artinya, jurusaanya akan disesuaikan dengan SDA setempat. “Misalnya di Buru, ada potensi pertanian maka dibangun SMK Pertanian. Begitupun diwilayah lain,” ungkapnya.

Ia berharap, usulan pembangunan 6 SMK baru ini dapat disetujui oleh Pemerintah Pusat sehingga cita-cita untuk mendorong kualitas pendidikan vokasi lebih maksimal. “Memang ada SMK-SMK di daerah ini. Tapi kali ini pembangunan SMK-nya difokuskan dan disesuikan dengan potensi pada masing-masing wilayah tersebut,” harap Annisah. (RHM)

Comment