by

Pembayaran Gaji Tertunda Akibat Perubahan Sistem

Ambon, BKA- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Barat Daya (MBD) sampai saat ini belum dapat melakukan pembayaran gaji pegawai, khususnya guru. Hal itu terjad karena adanya perubahan sistem penginputan keuangan tahun 2021.

“Jadi terkait informasi penundaan pembayaran gaji karena mau dinaikan, itu hoaks. Memang benar, gaji belum dibayar. Tapi bukan guru saja, tapi semua pegawai. Bahkan karena sistim penginputan keuangan kali ini berubah, sehingga bukan saja MBD, tapi pembayaran gaji di daerah lain juga tertunda. Sebab DPA juga belum ada,” ucap Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Ferdinand Lewier, Kamis (21/1).

Menurutnya, hal itu penting untuk diketahui oleh para guru di MBD, agar mereka tidak terhasut dengan informasi yang sumbernya tidak jelas. Apalagi sudah beredar informasi dikalangan guru, bahwa penundaan pembayaran gaji bulan Januari disebabkan ada kenaikan gaji guru di 2021.

“Soal perubahan penginputan keuangan, ini kan baru. Jadi harus butuh proses. Bukan karena mau naikkan gaji, jadi proses pembayaran gaji tertunda. Apalagi informasi kenaikan gaji itu, katanya akan disesuaikan dengan golongan. Jadi perlu diketahui, bahwa bukan saja guru, tapi semua pegawai belum terima gaji, karena alasan perubahan sistem itu,” terangnya.

Terkait kapan proses pembayaran gaji, Lewier belum dapat memastikan. Sebab sampai saat ini, belum ada DPA karena proses perubahan sistem tersebut.

Untuk itu, dia meminta semua guru di Kabupaten MBD, baik PAUD, SD, SMP, untuk tetap bersabar, sambil tetap menjalankan tugas dan tanggungjawab.

“Yang pasti kan, gaji tetap dibayar. Jadi mohon tetap bersabar dan tetap menjalankan tugas dengan baik. Kalau semua proses sudah selesai, pasti akan segera membayar gaji. Karena untuk saat ini, saya juga belum tahu kapan membayar gaji. Semoga semua proses cepat selesai, supaya apa yang menjadi hak pegawai, itu terbayar semua,” pungkas Lewier. (LAM)

Comment