by

Pembayaran Nonser Guru Tergantung Kesiapan Anggaran dan SK

Ambon, BKA- Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Buru, Abd Rahim Umasugi, mengungkapkan, pembayaran tunjangan non sertifikasi (nonser) guru, masih menunggu kesiapan anggaran maupun Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Baik anggaran dan SK, bukan jadi tanggungjawab dinas. Dinas hanya bertanggungjawab dari segi administrasi.
Kalau uang dan SK sudah ada, pasti kita bayar. Kalau uang sudah ada, tapi SK tidak ada, kita tidak berani membayar. Jadi dua hal itu harus terpenuhi dulu, baru bisa realisasi pembayaran tunjangan nonser itu,” ucap Umasugi, Senin (5/4).

Menurutnya, secara jelas telah disampaikan ke pihak-pihak terkait, soal keterlambatan pembayaran tunjangan nonser tersebut.

Karena itu, dia meminta para guru untuk tetap bersabar. Bahwa soal tunjangan tersebut, pasti dibayar. Hanya tinggal menunggu kesiapan anggaran dan SK.

“Kita kerja salah, nanti kita disalahkan. Jadi kita sesuai aturan saja. Soal itu, kami sudah kasih penjelasan ke kejaksaan dan DPRD, bahwa keterlambatan ini tidak dibuat-buat. Lagian bukan di Buru saja, tapi semua kabupaten belum bayar. Kenapa Buru dipermasalahkan. Kita akan bayar, tapi tergantung anggaran dan SK. Jadi kalau sudah siap, pasti kita bayar,” pungkasnya. (LAM)

Comment