by

Pembelajaran Berbasis Video Efektif Bagi Siswa TK

Kepala Taman Kanak-Kanak (TK) Talenta Ambon, Fransina Titihalawa, mengungkapkan, proses pembelajaran onlinen berbasis video nilai efektif bagi siswa TK.

“Proses belajar mengajar di TK Talenta selama ini memang dilakukan secara online, tapi kita tidak melalui aplikasi zoom. Karena kalau anak TK memakai aplikasi zoom, sama saja bohong. Mengapa? Ketika kita belajar lewat zoom, terus anak itu melihat flim kartun atau hal menarik lainnya, maka anak lebih memilih nonton flim kartun dari pada belajar. Maka kita alihkan pembelajaran melalui video saja,” ujar Titihalawa, belum lama ini.

Lewat pembelajaran berbasis video, menurutnya, anak-anak merasa tertarik untuk belajar. Karena memang anak-anak jejang PAUD, lebih senang menonton dari pada hal lain.

“Di aplikasi video itu, kami para guru membuat video belajar setiap harinya, kemudian kirimkan ke HP orangtua. Jadi bisa nonton kapan saja, disesuaikan dengan waktu orangtua. Kalau orangtua pulang kerja Sore, maka anak sudah bisa belajar di jam itu juga,” tuturnya.

Selain itu, katanya, ada juga buku belajar yang sudah dibagikan ke setiap siswa, untuk belajar di rumah.

“Buku yang sudah sekolah bagikan ke anak itu semester 1 dan II. Jadi setelah guru memberikan video dan menerangkan proses pembelajaran untuk hari itu, baru anak itu bisa bekerja di buku yang ada untuk selanjutnya diberikan ke guru. Itu teknis belajar yang kita gunakan, karena memang harus disesuaikan dengan kebutuhan anak,” pungkas Titihalawa. (LAM)

Comment