by

Pemberdayaan Dalam Pembangunan Desa

Ambon, BKA- Pemberdayaan Masyarakat, dapat diartikan sebagai suatu proses yang membangum masyarakat melalui pengembangan kemampuan masyarakat, perubahan perilaku masyarakat, dan pengorganisasian masyarakat. dari definisi tersebut terlihat ada 3 tujuan utama dalam pemberdayaan masyarakat yaitu mengembangkan kemampuan masyarakat, mengubah perilaku masyarakat, dan mengorganisir diri masyarakat.

Kemampuan masyarakat yang dapat dikembangkan tentunya sangat banyak. Mulai dari, kemampuan berusaha, mencari informasi, pengelolaan kegiatan, nelayan, petani dan banyak lagi yang bisa dilakukan.

Pemberdayaan masyarakat ada karena kondisi sosial ekonomi masyarakat yang rendah yang mengakibatkan mereka tidak mampu dan tidak tahu.

Pemberdayaan masyarakat dapat dilaksanakan melalui dua cara. Yakni Pengembangan masyarakat, dan Pengorganisasian masyarakat
Yondry Kappuw Selaku Kepala Desa Hunuth, Kecamatan Teluk Ambon, menjelaskan, hal yang harus dikembangkan dari masyarakat yaitu potensi atau kemampuannya dan sikap hidupnya.


“Kemampuan masyarakat dapat meliputi kemampuan untuk bertani, berternak, melakukan wirausaha, atau ketrampilan-ketrampilan. dan masih banyak lagi kemampuan dan ketrampilan masyarakat yang dapat dikembangkan,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, dalam rangka mengembangkan kemampuan dan ketrampilan masyarakat, dapat dilakukan dengan berbagai cara. Contoh dengan mengadakan pelatihan atau mengikutkan masyarakat pada pelatihan-pelatihan pengembangan kemampuan dan ketrampilan yang dibutuhkan.

“Dapat juga dengan menyediakan buku-buku bacaan seperti yang sudah kami sediakan dalam bangunan perpustakaan desa. yang sesuai dengan kebutuhan atau peminatan masyarakat,” katanya.
(MG-2)

Comment