by

Pemberdayaan Masyarakat Jadi Fokus Kerja Pemkab MBD

Pemberdayaan masyarakat menjadi salah satu fokus utama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Barat Daya (MBD), dalam upaya pembangunan daerah di 2021.

Bupati MBD, Benyamin Thomas Noach, mengungkapkan, ada beberapa hal yang menjadi fokus pembangunan di MBD. Diantaranya, pembangunan infrastruktur, peningkatan potensi pariwisata, dan peningkatan pemberdayaan masyarakat.

Menurutnya, Pemkab MBD telah berupaya untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat. Tetapi ada yang berbeda pada fokus pemerintah kali ini, yakni, mereka akan berupaya untuk mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat yang langsung “bergerak”.

Hal itu dilakukan, agar masyarakat dapat lebih berkembang dan mandiri, sehingga pemerintah nantinya hanya akan menjadi pelengkap bagi masyarakat.

“Kabupaten MBD memiliki berbagai potensi, baik pangan maupun seni dan budaya. Sehingga dengan menciptakan masyarakat yang mandiri, maka sudah pasti secara tidak langsung dapat meningkatkan kualitas daerah, serta kelangsungan hidup masyarakat dari sektor ekonomi,” terangnya.

Tidak hanya itu, infrastruktur yang akan dibangun pun akan diprioritaskan kepada wilayah-wilayah pengembangan ekonomi. Tujuannya, agar roda perekenomian kabupaten MBD menjadi lebih baik, sehingga stabilitasan ekonomi dapat terwujud.

Sementara untuk sektor pariwisata, terang Noach, Pemkab MBD melalui aparatur desa akan mengoptimalkan pembangunan desa-desa wisata.

“Wisata di MBD sudah terbukti melalui Welora. Sehingga dengan penghargaan yang diberikan kepada MBD untuk destinasi wisata baru yang baik, maka pemerintah juga akan mengembangkan wilayah-wikalah lain yang memiliki potensi wisata,” ujarnya.

Namun secara keseluruhan, kata Noach, tahun pertama pemerintahannya ini, akan diupayakan untuk meningkatkan sektor-sektor dasar yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat. “Sehingga ini dapat menjadikan masyarakat MBD yang sejahtera dan maju,” tandasnya. (GEM)

Comment