by

Pembongkaran Pasar Apung Dipastikan Selesai

Ambon, BKA- Pembongkaran pasar apung satu, dua dan tiga dengan jumlah total lapak pedagang 554, dipastikan akan selesai dalam waktu tiga hari. Terhitung mulai Sabtu, Senin dan Selasa (27/10) besok.

Sebelumnya, sudah ratusan lapak pedagang yang kena dampak revitalisasi pasar Mardika yang telah dibongkar. Sejumlah pedagang telah direlokasikan ke pasar yang disediakan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

Untuk diketahui, sebelum pembongkaran Pasar Apung, pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon, telah memberikan sosialisasi terlebih dahulu kepada para pedagang.


Sekertaris Disperindag Kota Ambon, Janes Apono mengaku, hari pertama pembongkaran pasar Apung, para pedagang sudah sadar dengan upaya Pemkot, sehingga tidak terjadi keributan.

Meskipun begitu, kata Janes, terlihat sejumlah pedagang juga sedikit tergesa-gesa, ketika memindahkan seluruh barang jualan dari dalam Pasar Apung.

Janes mengungkapkan, setelah pembongkaran Pasar Apung tersebut, pihaknya akan memastikan seluruh pedagang akan direlokasi ke pasar yang telah disediakan Pemkot.

“Sehingga seluruh lokasi pasar yang kena dampak revitalisasi, bisa kosong. Dan kemudian proses pembangunan bisa jalan. Di tahun 2020 ini sudah jalan dengan pembongkaran dan penutupan lokasi. Pembangunan akan dilanjutkan di 2021,” ujar Janes, kepada wartawan, pada pekan kemarin.

Dia berharap, agar seluruh pedagang bisa mengosongkan lapak, supaya pihaknya dapat menyelesaikan pembongkaran sesuai deadline yang ditentukan.

Bukan itu saja, dia juga meminta, para pedagang bisa bekerja sama dengan pihaknya. Karena lanjut dia, semua yang dilakukan ini, bukan karena ada sebuah kepentingan, tetapi untuk kebaikan bersama.

Menurut dia, ketika revitalisasi pasar Mardika selesai, para pedagang akan dikembalikan untuk berjualan.

Dan pada Rabu 28 Oktober pekan ini, Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga bakal tiba di Kota Ambon, untuk memantau langsung sejauh mana proses revitalisasi pasar Mardika.

Sekedar tahu, revitalisasi ini, tujuan Pemkot untuk pasar Mardika menjadi lebih modern, seperti yang ada di Daerah-Daerah luar Kota Ambon. (BKA-1).

Comment