by

Pemda KKT Gelar Konsultasi Publik II KKP3K

Ambon, BKA- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Tanimbar menggelar Konsultasi Publik II Rencana Pengelolaan dan Zonasi Kawasan Konservasi Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (KKP3K), di Ruang Rapat Kantor Bupati Kepulauan Tanimbar, pada Rabu (21/10/2020) lalu.


Acara ini dibuka secara resmi oleh Asisten Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Kemasyarakatan Setda Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Drs. D. A. T. Sabono, M.Si.

Kegiatan ini melibatkan berbagai unsur diantaranya Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemda Kepulauan Tanimbar, Instansi vertikal, TNI-POLRI dan masyarakat pemilik petuanan di Pulau-pulau yang masuk dalam kawasan konservasi.


Sabono mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh masukan tentang rencana pengelolaan dan zonasi kawasan konservasi serta mensinkronkan kegiatan dari berbagai stakeholder terkait dalam pengelolaan kawasan konservasi.

“Tujuan utama terbentuk kawasan konservasi adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat tanpa menghilangkan faktor kelestarian sumber daya kelautan,” ucapnya.

“Oleh sebab itu, dalam pengelolaan kawasan konservasi harus tetap menjaga keseimbangan sesuai dengan tujuan dari konservasi tersebut,” sambungnya.

Diharapkannya, dari kegiatan tersebut semua pihak dapat bekerjasama dengan baik guna menghasilkan ide dan saran untuk pengembangan kawasan konservasi pesisir dan pulau-pulau kecil di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

“Dengan adanya pengelolaan kawasan konservasi ini diharapkan dapat mengembalikan kejayaan beberapa komoditi perikanan Tanimbar, yang telah hilang dan terancam hilang,” ungkapnya. (BKA-3)

Comment