by

Pemda KKT Usul 13 Ranperda

beritakotaambon.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), mengusulkan 13 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) untuk dibahas bersama DPRD setempat.

Demikian disampaikan Sekda KKT, Ruben Moriolkossu, saat membacakan pidato Bupati KKT Petrus Fatlolon, dalam Paripurna Penyampaian Nota Pengantar Ranperda, di Balai Rakyat, Saumlaki, Rabu (22/9).

Belasan ranperda ini diantaranya, ranperda tentang pengelolaan keuangan daerah., barang barang milik daerah, pajak daerah, retribusi jasa usaha, pembentukan dan penyusunan perangkat daerah, pengelolaan sistem pemerintahan berbasis elektronik, Perseroan Terbatas Tanimbar Energi, tentang PDAM Tirta Yamdena, pembentukan enam desa, pembentukan Kecamatan Selwasa, dan RTRW tahun 2021 -2050.

Baca juga: Bupati SBT Sampaikan NP KUA-PPAS

Selain ranperda eksekutif ini, ada 6 ranperda inisiatif yang diusulkan DPRD KKT. Diantaranya ranperda tentang pengakuan masyarakat hukum adat, ketenagakerjaan, pemurnian dan tata kelola minuman beralkohol khas Tanimbar, penduduk permanen, percepatan pembangunan ekonomi daerah dalam pelaksanaan beroperasinya Blok Masela, serta tanggungjawab sosial perusahaan atau CSR (Corporate Social Responsibility).

Dengan seluruh usulan ranperda tersebut, sebut Bupati, telah menunjukan fokus perhatian serta peran dan fungsi yang baik antara DPRD dan Pemkab KKT. Untuk secara bersama mewujudkan visi misi Pemda KKT kedepan.

Baca juga: Lekipera Minta Proyek Dermaga Feri Moa Diusut

“Saya berharap dalam proses pembahasan nanti, tetap berpatokan pada asas-asas peraturan perundangan yang berlaku,” pesan Bupati. (BTA)

Baca juga: Gonga Apresiasi Kunker Duta Parenting di Aru

Comment