by

Pemdes Batu Merah Fasilitasi Belajar Anak

beritakotaambon.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, tingkatkan belajar anak-anak di masa pandemi Covid-19, lewat fasilitas Perpustakaan Hatukau yang dimiliki. Perpustakaan ini bahkan sering digunakan anak-anak kurang mampu.

Penjabat Desa Batu Merah, Idrus Buamona mengaku, perpustakaan dibukan bagi pelajar kurang mampu yang kesulitan memperoleh jaringan internet, belajar online atau kesulitan memperoleh buku-buku pelajaran. Hal ini bahkan sudah dilakukan sejak tahun 2020 lalu, dan akan terus dilakukan hingga berakhir pandemik.

“Untuk mendukung belajar anak-anak di lingkungan, kami lakukan kerja sama dengan perpustakaan Hatukau, yang merupakan naungan pemdes. Jadi perpustakaan dibuka bagi pelajar kurang mampu. Misalnya untuk jaringan WiFi juga sudah tersedia disana. Selain itu juga kondisi perpustakaan sangat kondusif, sehingga membantu anak belajar dengan baik,” terang Buamona, sat ditemui media ini di ruang kerjanya, Kamis (26/8).

Selain bekerja sama dengan perpustakaan, sambung dia, Pemdes Batu Merah juga membuka kantor desa bagi pelajar. Karena adanya jaringan internet gratis di kantor desa, yang dapat membantu pelajar kurang mampu di sekitar kantor desa.

“Kantor desa juga ada WiFi gratis bagi pelajar. Kami sudah memberitahukan kepada RT setempat. Aula kantor desa itu terbuka bagi pelajar yang ingin belajar online. Dan sejauh ini kantor desa masih digunakan pelajar untuk belajar online,” ucapnya

Ia berharap, agar anak-anak di lingkungannya dapat mengikuti pendidikan dengan baik. “Walau walaupun secara online, namun harus tetap tekun diikuti,” pesan Buamona. (BKA-2)

Comment