by

Pemdes Gogorea Bangun Rumah Adat

Ambon, BKA- Pemerintah Desa (Pemdes) Gogorea memberikan bantuan pembangunan lima unit rumah ada bagi lima suku yang ada di desa tersebut.

Penjabat Desa (Kades) Gogorea, Rusly Belen, mengungkapkan, bukan hanya memberikan bantuan rumah adat, tapi juga dilengkapi dengan perlengkapan adat. Mulai dari pakaian kebesaran untuk laki-laki dan perempuan, dan juga tifa pukul atau rabana.


“Saya kasih lengkap semua, supaya kalau ada Kepala Suku mau bikin adat, kita tidak perulu pinjam-pinjam lagi ke desa-desa lain, karena kita sudah punya semua,” kata Rusly, kepada BeritaKota Ambon, Senin (11/1).

Renacanaya, di tahun anggaran 2021 ini, Pemdes Gogorea akan fokus pada program pemberdayaan masyarakat. Terutama pemberdayaan masyarakat adat, sebab desa tersebut merupakan satu-satunya desa adat yang ada di Kecamatan Waeapo.

Selain itu, ungkap Rusly, pihaknya juga bermaksud untuk menggelar penggelaran seni dan budaya. Targetnya, untuk mengembalikan budaya-budaya suku di Gogorea yang selama ini mulai punah.

“Tahun 2021 ini, kami berencana untuk melakukan kegiatan pegelaran seni dan budaya. Kami akan undang semua desa-desa adat, karena akan dihadiri langsung oleh kementerian,” pungkasnya.(MG-1)

Comment