by

Pemdes Gogorea Tetapkan 72 KK Penerima BLT

Ambon, BKA- Sebanyak 72 Kepala Keluarga (KK) ditetapkan sebagai penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Desa Gogorea, Kecamatan Waeapo.

Jumlah tersebut ditetapkan berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan tim relawan Desa Gogorea, yang sebelumnya telah melakukan pendataan sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan.


Penjabat Sekertaris Desa (Sekdes) Gogorea, Langkele Waly, mengatakan, proses pendataan dilakukan di setiap RT/RW, guna menentukan siapa saja yang layak menjadi penerima BLT.

“Tim relawan kami sudah melakukan pendataan untuk siapa saja yang layak dapat BLT. Jadi mereka lakukan pendataan itu di setiap RT/RW masing-masing,” kata Langkele, kepada BeritaKota Ambon, Jumat (5/3).

Hasil pendataan yang telah dilakukan itu kemudian ditetapkan melalui Musyawarah Desa Khusus (Musdesus), yang laksanakan pada bulan Februari lalu.

Yang menjadi prioritas utama pada pendataan penerima BLT, katanya, terutama para janda, para lansia, dan warga yang benar-benar merasakan dampak dari pandemi Covid-19.


“Yang berhak mendapatkan BLT itu, yang pertama, kami utamakan bagi janda-janda, kemudian orangtua yang sudah lansia, serta masyarakat yang kehilangan pekerjaan atau belum mendapat pekerjaan,” ungkapnya.

Pada 2021 ini, lanjutnya, sesuai instruksi pemerintah pusat, BLT akan dibagikan setiap bulan selama setahun kepada yang berhak. Setiap penerima akan menerima Rp 300.000 per bulan.

“Untuk per satu KK itu, Rp 1.800.000 per tahun. Berarti per bulannya itu Rp 300.000. Sedangkan tahap pembagiannya itu semestinya per bulan, tapi mengingat pencairan DD itu bertahap, maka kita alihkan per tiga bulan. Berarti selama setahun, pencairan BLT di Desa Gogorea itu menjadi 4 tahap pencairan,” pungkasnya.(MG-1).

Comment