by

Pemdes Ilath Tuntaskan Program 2020

Ambon, BKA- Pandemi Covid-19 tidak menghalangi Pemerintah Desa (Pemdes) Ilath, Kecamatan Batabual, untuk menuntaskan program desa yang dianggarkan di 2020.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Ilath, Musa Wailusu, mengatakan, semua program Desa Ilath telah dikerjakan sesuai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa atau APBDes.

“Capaian program desa yang kita laksanakan di Desa Ilath itu kami laksanakan sesuai APBDes, dan telah kami laksanakan secara keseluruhan. Capaian ouputnya pun telah kami laksanakan sesuai dengan APBDes itu,” kata Musa, kepada Beritakota Ambon, Selasa (29/12).

Memang ungkapnya, APBDes yang telah disepakati mengalami perubahan, seiring mewabahnya Covid-19. Sehingga sebagian aggaran desa dialihkan ke bantuan sosial kepada masyarakat, dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

“Jadi APBDes itu mengalami perubahan. Jadi untuk di 2020 ini, banyak dialihkan ke BLT. Jadi kami di Desa Ilath itu untuk penerima BLT sebanyak 196 orang. Jadi jumlah keseluruhan mencapai 700 juta. Jadi itu telah kami salurkan terakhir pada bulan Desember, itu 3 bulan, mulai dari Oktober, November, Desember, itu sudah disalurkan,” ungkapnya.

Dengan dialihkan anggaran tersebut, ia menambahkan, tidak semua program fisik bisa dikerjakan di Desa Ilath.

“Bentuk fisik kami laksanakan itu hanya satu, yaitu, landasan jembatan jalan usaha tani, kemudian ada bantuan-bantuan jalan tani yang memang tidak bisa kita laksanakan secara langsung,” kata dia.

Orang nomor satu di Pemdes Ilath ini berharap, pandemi Covid-19 secepatnya berlalu, agar kehidupan masyarakat normal kembali seperti biasa.

“Semoga wabah ini cepat berlalu, agar masyarakat bisa menjalankan kehidupan ekonominya kembali pulih seperti biasanya,” pungkasnya. (MSR)

Comment