by

Pemdes Jamilu Gencarkan Sosialisasi PHBS

Ambon, BKA- Pemerintah Desa (Pemdes) Jamilu, Kecamatan Namlea, kini tengah menggencarkan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS). Seperti yang dilakukan di balai desa tersebut, 16 Januari lalu.

Penyuluhan yang menekankan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan itu, ungkap Penjabat Desa (Kades) Jamilu, Bakri Ismail, menggunakan anggaran tahun 2020.

Penyuluhan PHBS itu tersebut melibatkan sejumlah pemateri yang berasal dari Puskesmas Desa Savana Jaya, yakni, Muhammad Adriansah Sidik serta Hj. Pujiyanti.


Selain itu, dihadiri juga oleh Camat Namlea Latif Effendi, Penjabat Kepala Desa (Kades) Jamilu, Sekertaris Desa (Sekdes) Jamilu, Ketua BPD Jamilu, Babinsa Gawi M. Waiulung, serta Babinkamtibmas Desa Sanleko Bripka Husen Kaimudin.

“Alhamdulillah, kondisi sekarang ini sedikit bersih. Tetapi kami ingin kegiatan ini bisa lebih lagi dari sebelumnya. Mari kita sama-sama menjaga pola hidup yang bersih dan sehat, sehingga penyakit itu bisa terhindar dari desa yang kita cintai,” Kata Bakri, kepada BeritaKota Ambon.

Menurutnya, edukasi PHBS kepada masyarakat sangat penting untuk dilakukan, apalagi ditengah kondisi pandemi Covid-19. Sehingga pola hidup bersih itu harus tetap dijalankan dalam keseharian seluruh masyarakat.

“Kami berharap kepada seluruh masyarakat, mudah-mudahan dengan kegiatan ini bisa bermanfaat bagi kita semua,” harapnya.


Sementara itu, Camat Namlea, Latif Effendi, menuturkan, penyuluhan PHBS yang dilakukan tersebut tentu berkaitan erat dengan pola hidup masyarakat sehari-hari.

“Bila kita bicara mengenai PHBS ini perilaku yang setiap hari kita lakukan dan laksanakan. jadi kalau hidup tidak sehat, berarti resiko penyakit akan mengendap ke kita,” kata dia.

Karena itu, dia berharap agar masyarakat senantiasa menjaga perilaku hidup bersih dan sehat ditengah kondisi pandemi Covid-19, yang sampai sekarang ini grafiknya masih meningkat.

“Kalau kita lihat di media massa, baik itu di televisi, di facebook, dan lain sebagainya, informasi terkait masalah penyebab Covid-19 makin hari makin menanjak. Jadi harapan kami, mari kita sama-sama menjaga persebaran wabah Covid-19 dengan berperilaku hidup bersih,” pungkasnya. (MG-1)

Comment