by

Pemdes Kaiely Rehab Masjid Al-Huda

Ambon, BKA- Pemerintah Desa (Pemdes) Kaiely, Kecamatan Teluk Kaiely, telah melakukan rehabilitasi Masjid Al-Huda, pada Februari 2021 lalu.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Kaiely, Umar Taramun, mengungkapkan, rehab masjid itu dilakukan berdasarkan permintaan masyarakat. Sebab kondisi atap sudah tidak memungkinkan untuk dipertahankan, apalagi Ramadhan 2021 makin dekat.


“Rehab mesjid kemarin itu, kami rehab dia pung atap seng dan Quba Masjid, mengingat karena atap sudah bocor dan sudah dekat bulan puasa. Akhirnya masyarakat berkeinginan untuk kami rehab atau ganti atap masjid,” kata Umar, kepada BeritaKota Ambon, Minggu (14/3).

Pada rehab masjid yang menggunakan dana swadaya masyarakat tersebut, lanjut Umar, juga dilakukan penggantian tiang alif Quba Masjid Al-Huda. Bahkan lafadz Allah pada tiang alif itu diganti mnggunakan emas murni.


“Kami punya ujung Quba Masjid, yakni, lafadz Allah terbuat dari 2 kilo 556 gram emas murni, serta ditambah 100 butir permata. Dananya itu dari swadaya masyarakat Desa Kaiely,” ungkap Umar.

Untuk itu, Umar mengatakan, pengerjaan rehab atap masjid dan pemasangan Quba dilakukan secara gotong royong masyarakat Desa Kaiely.

“Iya, dikerjakan secara gotong royong, kurang lebih dua minggu, terus makan bersama di Balai Baileo. Jadi semua masyarakat berkumpul di masjid kurang lebih dua minggu,” pungkasnya.(MSR)

Comment