by

Pemdes Kaki Air Bentuk Posko PPKM Mikro

Pemerintah Desa (Pemdes) Kaki Air, Kecamatan Teluk Kaiely, bekerjasama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa, membentuk posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro, Kamis (8/7).

Posko tersebut dibuat berdasarkan Instruksi Mendagri Nomor 10 Tahun 2021, tentang
Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis mikro dan posko penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan, yang ditindaklanjuti dengan Surat Edaran Bupati Buru tentang perpanjangan PPKM berbasis mikro di Kabupaten buru.


Penjabat Kepala Desa (Kades) Kaki Air, Rahmawati Dafrullah, mengatakan, penbentukan posko PPKM berbasis mikro tersebut dilakukan sebagai upaya Pemdes Kaki Air menekan laju penyebaran Covid-19 secara optimal.

Menurutnya, posko tersebut akan dioptimalkan semaksimal mungkin dalam menerapkan PPKM berbasis di Desa Kaki Air.
Ada beberapa fungsi posko PPKM berbasis mikro tersebut, diantaranya, memantau pelaku perjalanan, isolasi mandiri pasien terkonfirmasi positif Covid-19, serta sosialisasi penyelenggaraan vaksinasi Covid-19.

Untuk itu, katanya, pada posko tersebut akan ada petugas yang bertugas mengawasi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang melakukan karantinai.
“Jadi setiap RT/RW itu, petugas berperan aktif untuk melakukan pengawasan dalam penerapan PPKM berbasis mikro ini. Kemudian harus terus melakukan komunikasi aktif disetiap wilayah di masing-masing RT dan RW, untuk memberikan perkembangan terkait pencegahan Covid-19,” ungkapnya.


Berdasarkan aturan PPKM berbasis mikro, tegasnya, posko tersebut akan terus memantau dan melakukan pengawasan hingga ketingkat RT/RW.
”Setelah dibentuk tim Satgas Covid-19, maka tempat umum yang kerap kali dijadikan kerumunan itu kita akan pantau. Tindakan itu dimaksudkan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Selain itu, memperketat protokol kesehatan juga harus digalakkan,” pungkas Rahmawati.
(MG-1)

Comment