by

Pemdes Kaki Air Lakukan Pemutakhiran Data Berbasis SDGs

Pemerintah Desa (Pemdes) Kaki Air, Kecamatan Teluk Kaiely, telah melakukan pendataan Indeks Desa Membangun (IDM) berbasis SDGs tahun 2021.

Pemutakhiran data tersebut dilakukan selama dua hari, yakni, 17 hingga 18 Mei.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Kaki Air, Rahmawati Dafrullah, mengatakan, pendataan IDM berbasis SDGs Desa merupakan upaya terpadu guna mewujudkan desa tanpa ke

miskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya, untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

“Terkait dengan pemutakhiran data SDGs untuk Desa Kaki Air, kegiatannya dua hari, dari 17 sampai 18 Mei. Sebelumnya, 4 Mei lalu, kita adakan bimteknya dulu. Pemutakhiran data dilakukan dari rumah ke rumah,” kata Rahmawati, kepada BeritaKota Ambon, Rabu (19/5).

Ungkapnya, jumlah penduduk Desa Kaki Air sebanyak 602 jiwa, yang tersebar pada 7 RT. Untuk 2021, terdapat penambahan jumlah penduduk, karena banyak perantau yang kembali ke desa itu.


“Jadi di desa ini kan ada 7 RT, jumlah penduduknya kurang lebih 602 jiwa. Sedangkan untuk tahun ini, ada penambahan, karena warga Kaki Air yang dulunya merantau, sudah kembali lagi,” ungkapnya.

Salah satu penyebab banyaknya warga perantau yang kembali ke Desa Kaki Air, terangnya, karena mereka melihat perkembangan desa yang makin membaik.

Untuk itu, Rahmawati berharap, masyarakat Desa Kaki Air yang masih berdomisili di daerah lain, untuk kembali lagi ke desa tersebut. “Mari sama-sama kita membangun kita punya desa, agar lebih baik kedepannya,” pungkasnya (MG-1).

Comment