by

Pemdes Karang Jaya Belum Tetapkan APBDes

Pemerintah Desa (Pemdes) Karang Jaya, Kecamatan Namlea, belum menetapkan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun anggaran 2021.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Karang Jaya, La Eda, mengatakan, sementara ini tengah melakukan pemetaan usulan masyarakat yang akan dijadikan program desa maupun yang akan disampaikan ketingkat kecamatan atau kabupaten.

“Kalau musrenbang sudah dilaksanakan. Cuma belum ada penetapan, karena masih lihat dulu, mana yang lebih penting,” kata La Eda, kepada BeritaKota Ambon, Rabu (5/5).

Menurutnya, keterlambatan penetapan APBDes tersebut karena banyaknya usulan masyarakat yang masuk saat musrenbangdes bulan lalu. Padahal anggaran Dana Desa (DD) tahun ini tidak mencukupi, untuk menampung semua aspirasi itu.

Untuk itu, Pemdes bersama Anggota BPD, harus berkoordinasi terkait berbagai usulan tersebut, agar dapat memetakan usulan yang akan dianggarkan menggunakan DD.

“Ada juga yang singgung soal jalan, tapi kan anggaran tidak cukup, jadi nanti kita akan bawa ke tingkat lebih tinggi. Ada juga pemberdayaan, hanya belum bisa saya sebutkan, karena belum penetapan,” ungkapnya.

Sementara ini, tambahnya, Pemdes Karang Jaya belum menetapkan program prioritas. Namun yang pasti, BLT menjadi salah satu program yang harus dilakukan Pemdes Karang Jaya untuk tahun 2021 ini.

“Rencananya penetapan minggu ini, melalui rapat khusus antara Pemdes, BPD, saya akan undang juga kepala RT/Rw hadir disini, lalu kita akan lakukan penetapan,” pungkas La Eda.(MG-1).

Comment