by

Pemdes Kubalahin Anggarkan Pembuatan Pagar

BURU-BKA, Pemerintah Desa (Pemdes) Kubalahin, Kecamatan Lolong Guba, terus berupaya melakukan penataan lingkungan agar terlihat indah.

Untuk mendukung upaya tersebut, Pemdes Kubalahin telah memprogramkan pembangunan pagar desa sepanjang 1006 meter, menggunakan Dana Desa tahun anggaran 2021.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Kubalahin, Idris Besan, mengatakan, pembuatan pagar merupakan bagian terpenting bagi perkembangan desa. Selain itu, sebagai keindahan desa dan juga sebagai peningkatan kualitas pembangunan di desa tersebut.

“Pembuatan pagar desa ini bertujuan untuk meningkatan kualitas desa, dalam hal ini penataan keindahan desa. Sedangkan alokasi dana kegiatan pembangunan pagar tersebut bersumber dari Dana Desa Tahun 2021,” kata Idris, kepada BeritaKota Ambon, Kamis (12/8).

Kegiatan tersebut, terangnya, sudah dijalankan sejak awal 2021. Realisasiannya sudah mencapai kurang lebih 30 persen.

Baca juga: Wanareja Hiasi Desa Dengan Umbul-Umbul Sambut HUT RI

Dalam pelaksanaan pembangunan pagar tersebut, tambahnya, pengerjaannya melibatkan masyarakat setempat, melalui program padat karya tunai.

“Tentu pekerjaannya itu kita libatkan masyarakat melalui padat karya tunai, supaya meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Selain membangun pagar desa, kata Idris, juga akan dilakukan pembangunan gapura desa. Namun hal itu akan dilakukan setelah pengerjaan pagar desa selesai dilakukan.

“Kalau untuk gapura, ini belum ada permintaan. Nanti kalau sudah selesai pembangunan pagar 100 persen, baru kami lakukan permintaan pencairan untuk pengadaan gapura desa,” pungkasnya. (MG-1)

Comment