by

Pemdes Kubalahin Bagi BLT Bulan Pertama

BURU-BKA, Sebanyak 85 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Kubalahin, Kecamatan Lolong Guba, telah menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) bulan pertama.

Pembagian BLT tersebut dilakukan langsung aparatur desa ke rumah setiap KPM, 13 Juli lalu.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Kubalahin, Idris Besan, mengungkapkan, pembagian BLT secara langsung ke rumah setiap KPM dilakukan, karena pertimbangan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat atau level 4 di Kabupaten Buru.

Lanjutnya, bukan hanya pembagian BLT DD bulan pertama yang dilakukan saat itu. Namun juga dilakukan pembagian masker gratis kepada 85 KPM tersebut.

Baca juga: Babinsa Wayame Bantu Warga Tanam Pohon

“Ada 85 KPM sudah menerima BLT dari Dana Desa. Karena mengingat adanya PPKM, sehingga penyerahan BLT tersebut dilakukan di rumah masing-masing, sekaligus ada pembagian bantuan masker secra gratis kepada warga yang mendapat BLT,” kata Idris, kepada BeritaKota Ambon, baru-baru ini.

Sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 222 Tahun 2020 Tentang Pengelolaan Dana Desa Tahun Anggaran 2021, besaran BLT DD menetapkan sebesar Rp 300.000 per KPM. BLT mulai dari Januari hingga Desember 2021.

Selain itu, warga yang menerima BLT merupakan warga yang termasuk dalam kategori kurang mampu, dan warga yang belum menyentuh bantuan sosial lain, seperti PKH, BST, dan BPNT.

“Tentu kami memprioritaskan kepada masyarakat yang kurang mampu dan mereka yang belum mendapat bantuan lain, namun dampak pandemi ini mempengaruhi kondisi ekonominya,” ungkapnya.

Baca juga:
Hunuth Prioritaskan Pelayanan Masyarakat

Idris berharap, BLT yang diserahkan dapat meringankan beban masyarakat. “Harapan saya, semoga dengan adanya bantuan tersebut kiranya bisa meringankan beban masyarakat, dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari,” pungkasnya (MG-1)

Comment