by

Pemdes Kubalahin Belum Jalankan Program 2021

Pemerintah Desa (Pemdes) Kubalahin, Kecamatan Lolong Guba, sampai saat ini belum menjalankan program desa, untuk tahun anggaran 2021.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Kubalahin, Idris Besan, mengungkapkan, hal itu disebabkan karena adanya pencairan Dana Desa (DD) tahap I bagi desa tersebut.

Menurutnya, jika DD sudah cairkan, maka program desa tetap berjalan sesuai rencana kerja pemerintah desa tahun 2021.

“Ya, memang belum ada yang berjalan, karena belum ada pencairan Dana Desa. Untuk pembagian BLT saja, sementara di proses, karena kita punya permintaan juga sampai hari ini belum direalisasikan,” kata Idris, kepada BeritaKota Ambon, Rabu (7/7).


Lanjutnya, Pemdes Kubalahin telah melakukan pengajuan surat permohonan untuk pencairan DD/ADD. Namun yang tersalur hanya ADD tahap I, sedangkan DD belum juga disalurkan.

selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Keuangan Kabupaten Buru. Namun dia memperoleh jawaban, kalau DD akan dicarikan pekan ini.

Dia mengungkapkan, peran DD dan pemanfaatannya sangat penting sebagai stimulus, yang mampu mengubah dan memperlancar roda pembangunan ekonomi pedesaan.

Namun akibat keterlambatan proses pencaiaran itu, katanya, berdampak bagi roda ekonomi di desa. Bahkan akan mempengaruhi tingkat kesejahteraan warga setempat. Sebab program desa harusnya akan menjamin keberlangsungan ekonomi masyarakat.

“BLT tahap satu untuk bulan ke satu juga belum direalisasi. Ya sementara ini belum ada yang jalan program di Desa Kubalahin, cuma pembagian insentif saja yang berjalan, karena itu menggunakan ADD,” pungkasnya.(MG-1).

Comment