by

Pemdes Laha Upayakan Bangun Gedung Sanggar

Ambon, BKA- Pemerintah desa (pemdes) Laha, kecamatan Teluk Ambon upayakan membangun gedung sanggar.

Setelah membentuk sanggar yang bernama Waisanoho pada desember 2020, pemdes ingin ada gedung serba guna untuk pelatihan sanggar nantinya. Untuk itu sedang diupayakan dan dianggarkan untuk satu buah gedung tahun ini.

“Jadi sudah saya bicarakan dengan ketua sanggar dan anggota mengenai pembangunan yang sedang direncanakan. Kami sedang upayakan untuk pembangunan satu buah gedung serba guna. Agar aktifitas sanggar bisa berlangsung disatu gedung,” pungkas Fahmi Mewar sekretaris desa Laha.

Selanjutnya dijelaskan bahwa sanggar ini dibentuk dengan tujuan agar bisa melestarikan budaya Maluku khususnya desa Laha. Misalnya saja tarian Parisi yang merupakan tarian asli dari desa Laha.

“Sanggar Waisanoho ini dibentuk untuk melestarikan budaya Maluku khususnya desa Laha. Misalnya kami punya tari sendiri yaitu parisi. Yang merupakan tarian untuk menyambut raja atau untuk membuka acara besar lainnya,” tambahnya.

Diakui bahwa ini juga merupakan bentuk dukungan atas program pemerintah untuk melestarikan budaya yang ada. Dia berharap agar bisa segera ada gedung serba guna untuk kegiatan sanggar. Untuk sementara aktifitas sanggar masih dilakukan di balai pertemuan dusun.

“Pemerintah juga mempunyai program untuk melestarikan budaya. Jadi sebagai bentuk dukungan kami pemdes Laha dirikan sanggar ini. Semoga impian kami untuk mempunyai gedung sanggar bisa segera terlaksana. Sanggar untuk sementara masih melakukan aktifitas dibalai pertemuan dusun yang ada,” tutupnya. (BKA-1)

Comment