by

Pemdes Lala Fokus Pemulihan Ekonomi Masyarakat

Ambon, BKA- Upaya pemulihan ekonomi masyarakat menjadi fokus program kerja yang akan dilakukan Pemerintah Desa Lala, Kecamatan Namlea, pada 2021 ini.

Untuk itu, berbagai program pemberdayaan telah disiapkan Pemdes Lala untuk masyarakat. Diantaranya, mendorong pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) sebagai skala prioritas.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Lala, Husen Pattinasarani, mengatakan, ada beberapa bidang program kerja yang sudah ditetapkan dalam RKPDes tahun 2021. Misalnya, untuk bidang pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan, dan penanganan bencana.

“Sesuai hasil Musrenbang kemarin, ada lima bidang yang ditetapkan menjadi program kerja di tahun 2021. Tapi yang menjadi prioritas kami itu masalah pemberdayaan,” Kata Husen, kepada BeritaKota Ambon, Minggu (14/2).

Fokus Pemdes Lala pada program pemberdayaan, terangnya, karena program tersebut bisa disingkronkan dengan masalah pemulihan ekonomi masyarakat di tengah situasi masa pandemi Covid-19, yang masih saja berlangsung hingga saat ini.

Untuk itu, Pemdes Lala akan menyiapkan alokasi anggaran Dana Desa sebesar 50 persen untuk bidang pemberdayaan, yang bertujuan untuk peningkatan produktifitas bagi kelompok UKM.

“Tahun ini, bidang pemberdayaan yang banyak kami siapkan anggarannya. Karena disesuaikan dengan masalah pemulihan ekonomi dan penanganan pandemi Covid-19, seperti pengadaan bantuan untuk Kelompok UKM,” ungkapnya.

Ada sejumlah kelompok pemberdayaan yang akan dijadikan sasaran perhatian Pemdes Lala, Misalnya, Kelompok Perbengkelan, Kelompok Pangkas Rambut, dan Kelompok Parut Kelapa.

Selain itu, penyaluran dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) juga menjadi skala prioritas, sesuai instruksi dari pusat, termasuk program kegiatan penanganan bencana.

Sementara di bidang pembangunan infrastruktur, Pemdes Lala akan melakukan pembangunan jalan RT dengan panjang 40 meter.

“Kami juga akan menyiapkan anggaran di bidang bencana, seperti, BLT dan penanganan Covid-19. Sedangkan bidang pembangunan fisik, kami hanya bangun jalan RT yang panjangnya sekitar 40 meter saja,” pungkas Husen.(MG-1).

Comment