by

Pemdes Lamahang Gelar Musdes RKPDes 2022

beritakotaambon.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Lamahang, Kecamatan Waplau, menggelar Musyawarah Desa (Musdes) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun Anggaran 2022, di Aula Kantor Desa Lamahang, Sabtu pekan kemarin.

Dalam musyawarah tersebut turut dihadiri Camat Waplau, Abdul Hamid Buton, Penjabat Kepala Desa (Kades) Lamahang, Usman Tasijawa, Bhabikantibmas, Bhabinsa, Ketua BPD Lamahang, Perangkat Desa, serta para seluruh stakeholder di desa setempat.

Penjabat Kades Lamahang, menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan suatu tahapan dalam penyusunan rencana pembangunan desa di tahun 2022. Jadi rencana pembangunan melalui usulan dari masyarakat kemudian akan verifikasi, guna menentukan mana yang akan jadi program prioritas kedepan.

“Pada Musdes kemarin itu berjalan sesuai dengan harapan masyarakat, karena apa yang menjadi keluhan masyarakat hari ini dapat didengar oleh semua pihak dan itu menjadi bekal kami di pemerintah desa dalam menyusun program prioritas di tahun 2022,” kata Usman kepada BeritaKota Ambon, Kamis (9/9).

Pelaksanaan kegiatan Musdes, menurutnya sangatlah penting untuk dilakukan, karena melalui forum ini pemerintah desa dapat menyerap aspirasi masyarakat, sehingga apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dapat dicantumkan dalam RKPDes 2022.

Selain itu, katanya Musdes juga sebagai forum yang sangat demokratis bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasi dan kebutuhannya agar dapat difasilitasi oleh pemerintah desa guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa.

Baca juga:
Jembatan Desa Debowai Rusak

“Jadi Musdes itu bertujuan untuk menyerap aspirasi masyarakat khususnya di desa lamahang sesuai dengan kebutuhannya guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat kedepan,” ungkapnya.

Berdasarkan hasil catatan dari notulensi, sebanyak 21 usulan masyarakat yang akan menjadi pertimbangan bagi tim verifikasi dalam penyusunan RKPDes tahun anggaran 2022.

Selain itu, dia menambahkan pada Musdes itu memperoleh kesepakatan bersama yaitu, program yang belum dijalankan di 2021 ini, akan dievaluasi kembali dan ditetapkan sebagai skala prioritas nantinya.

“Hasil musdesnya kemarin itu, dengan memperoleh kesepakatan bersama bahwa program yang belum dikerjaan tahun ini akan dilanjutkan di tahun 2022,” tungkasnya. (MG-1)

Comment