by

Pemdes Masarete Croschek Ulang Data Penerima BLT

Ambon, BKA- Pemerintah Desa (Pemdes) Masarete, Kecamatan Teluk Kaiely, melakukan croschek ulang data penerima BLT Dana Desa Tahun anggaran 2021.

Bendahara Desa Masarete, Arni Buton, mengungkapkan, untuk croschek data itu, tim verifikasi melakukan penyesuaian data dengan mengumpulkan semua data penerima bantuan dari pemerintah, baik penerima BLT tahun lalu maupun data BST, dan PKH.

“Jadi mereka ada seleksi data, siapa saja yang jadi penerima BLT tahun ini. Kalau misalnya sudah selesai, baru mereka bikin penetapan untuk jumlah keseluruhan,” kata Arni, kepada BeritaKota Ambon, belum lama ini.


Alasan verifikasi kembali data penerima BLT DD, katanya, karena data yang sudah tercover tahun lalu, banyak yang sudah mendapatkan bantuan lain, seperti BST dan PKH.

Lanjut dia, hal itu juga dilakukan untuk mencegah adanya kecemburuan diantara masyarakat, jika proses pendataan tidak dilakukan dengan teliti atau cermat.

Untuk itu, pihaknya belum menetapkan jumlah keseluruhan yang menjadi penerima BLT 2021, karena masih sementara menunggu hasil croschek dari tim verifikasi tersebut.

“Ini kan kita ada tunggu hasil dari tim. Jadi belum bisa dijumlahkan berapa KPM, karena belum selesai proses verifikasinya,” ungkapnya.

Terkait hasil penetapan jumlah KPM, katanya, direncanakan minggu ini akan melakukan rapat kordinasi antara perangkat desa bersama BPD, untuk menetapkan hasil pendataan, sekaligus penandatanganan berita acara jumlah penerima BLT tahun 2021 ini.

“Ya, kalau semuanya sudah selesai, baru kita adakan rapat koordinasi untuk menetapkan jumlah KPM terkait BLT DD 2021, sekaligus tanda tangan berita acaranya. Maka itu sudah sah secara hukum,” pungkasnya. (MG-1).

Comment