by

Pemdes Savana Jaya Dorong Produktifitas Masyarakat

Pemerintah Desa (Pemdes) Savana jaya, Kecamatan Waeapo, mendorong pengembangan produktivitas masyarakat, dalam upaya peningkatan ekonomi.

Hal tersebut sesuai dengan tema nasional terkait pemulihan ekonomi dan perbaikan pandemi Covid-19, yang ditegaskan melalui Permendes No 13 tahun 2020.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Savana jaya, Sukirman, mengatakan, dalam penetapan hasil RKPDes 2021, yang sudah disepakati, yaitu, 70 persen anggaran dari Dana Desa Akan difokuskan pada bidang pemberdayaan.


“Sesuai ketetapan RKPDes kemarin, program yang kami jalankan itu 70 persen anggaran Dari DD itu akan dialokasikan pada bidang pemberdayaan. Jadi lebih banyak fokus dipemberdayaan,” kata Sukirman, kepada BeritaKota Ambon, Selasa (9/2).

Ada berbagai kegiatan yang sudah disiapkan, diantaranya, penambahan ternak, pembentukan kelompok budidaya jahe, serta pengadaan mesin panen untuk menanggulangi pasca panen.

Selain itu, terdapat juga penambahan peralatan untuk kelompok UKM, demi meningkatkan hasil produktivitas mereka.

“Bentuk pemberdayaan itu seperti penambahan kelompok ternak sapi, kelompok budidaya jahe, terus ada pengadaan mesin panen satu unit sesuai permintaan petani sawah. Terus itu ada juga penambahan alat penjahit untuk kelompok UKM,” ungkapnya.

Disisi lain, pihaknya menekankan bahwa Bantuan Langsung Tunai juga menjadi sebuah program yang wajib dijalankan selama setahun.

Namun persoalan data penerima manfaat BLT tersebut, katanya, akan dimusyawarahkan lagi dengan para stakeholder yang ada di Desa Savana jaya.

“Ya tetap BLT masih dijalankan, kita masih menunggu tindak lanjut dari edaran menteri, tetap kita prioritaskan pada BLT juga. Soal penerimanya, nanti kita akan musyawarahkan lagi, mau ditambahkan atau dikurangi, nanti kita adakan musywarah lagi bersama BPD dan Tim Covid Relawan Desa,” pungkas Sukirman. (MG-1).

Comment