by

Pemdes Sawa Kembali Salurkan BLT DD Tahap I

beritakotaambon.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Sawa, Kecamatan Lilialy, kembali menyalurkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahap 1 untuk bulan Maret, April, dan Mei, di Alua Kantor Desa Sawa, Kamis (9/9).

Dalam penyerahan tersebut turut hadir, Penjabat Kepala Desa (Kades) Sawa, Djufri Bugis, Sekertaris Desa (Sekdes) Sawa, Aryadi Umamiti, Pendamping Desa Sawa, Bhabinkantibmas, Ketua BPD Sawa, perangkat desa, serta seluruh penerima dana bantuan.

Sekdes Sawa, Aryadi Umamiti, mengatakan, sebanyak 147 KPM telah menerima dana bantuan yang bersumber dari dana desa. Bantuan berupa uang tunai itu, kata dia merupakan suatu upaya pemerintah melalui dana desa yang bertujuan untuk membantu masyarakat miskin yang terdampak pandemi Covid-19.

Menurut dia nilai BLT DD pada tahun 2021 sebesar Rp 300.000 setiap bulan, untuk setiap keluarga penerima manfaat atau KPM yang memenuhi kriteria dan diberikan selama satu satu tahun.

“Jadi, sebanyak 147 KK warga Desa Sawa telah menerima BLT untuk bulan ke 3, 4 dan 5. Jadi semuanya itu dapat Rp 900.000 per KK. Semoga dengan adanya bantuan ini bisa meringankan beban mereka selama masa pandemi ini, serta dapat digunakan sebaik mungkin,” kata Aryadi Umamiti kepada BeritaKota Ambon, Kamis (9/9).

Dia menambahkan, untuk data penerima BLT di Desa Sawa tidak pernah terjadi perubahan, penambahan atau penurunan jumlah penerima, karena dari tahun 2020 jumlah penerima BLT tetap 147 KPM.

“Tidak ada perubahan jumlah penerima, tetap masih menggunakan data tahun lalu, sebanyak 147 KPM, ada pun dirubah hanya orangnya saja, tapi jumlahnya tidak,” ungkapnya.

Olehnya itu, Aryadi menjelaskan bahwa penyaluran BLT tahap pertama ini telah selesai sampai bulan Mei. Sementara untuk bulan Juni, Juli, Agustus, dan September akan masuk pada pencairan tahap dua.

Baca juga: Minta Camat di Buru Gencar Sosialisasi Vaksin

“Sekarang sudah ada informasi untuk proses pencairan DD tahap dua, sekaligus untuk BLT selama 4 bulan. Jadi sekarang ini sudah masuk dalam proses permintaan pencairan tahap dua,” pungkasnya. (MG-1)

Comment