by

Pemdes Sawa Sosialisasi Vaksinasi Covid-19

Ambon, BKA- Pemerintah Desa (Pemdes) Sawa bekerja sama dengan Binmas Polres Buru melakukan sosialisasi vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat, yang digelar di Kantor Desa Sawa, 20 februari lalu.

Kasat Binmas Polres Pulau Buru, Iptu Yusuf Ali, mengatakan,
vaksinasi merupakan proses untuk memasukan bibit penyakit dengan cara disuntikan atau di teteskan kedalam tubuh manusia, hingga tubuh seseorang dapat bereaksi membentuk sistem kekebalan yang bisa melawan virus penyebab Covid-19.

Sementara vaksin adalah suatu produk yang biasanya berasal dari suatu penyakit, seperti, virus atau bakteri yang bertujuan untuk mencegah penularan penyakit atau virus tersebut.

Untuk itu, kata Kasat, vaksinasi yang akan dilakukan adalah program pemerintah yang ditujukan untuk mencegah ancaman bahaya penularan Covid-19.


“Ini adalah program pemerintah, agar kita bisa menjadi kebal terhadap virus corona, sehingga masyarakat bisa melaksanakan aktivitas ekonomi sosial budaya, dalam hal ini bisa mendapat pendapatan ekonomi dilingkungannya masing-masing,” kata Iptu Yusuf Ali, kepada BeritaKota Ambon, Selasa (23/2).

Menurutnya, dalam tahapan untuk melakukan vaksinasi itu, ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh seseorag, yakni, usia produktif dari 15 tahun sampai 58 tahun, kemudian kondisinya harus dalam keadaan sehat. Apabila tidak dalam kondisi sehat, maka seseorang tidak diperbolehkan untuk melakukan vaksin.

Untuk itu, dia meminta masyarakat agar tidak terlalu percaya terhadap berbagai isu hoax atau tidak benar yang meresahkan banyak orang.

“Jadi kalau bapak disuruh vaksin, ya bapak terima. Kalau memang itu bapak mengalami gejala penyakit, tidak akan divaksin. Jadi orang yang divaksin itu adalah orang usianya produktif. Kemudian tolong, saya minta kepada masyarakat supaya jangan terlalu percaya pada isu-isu hoax, bahwa vaksin itu berbahaya,” ungkapnya.

Selain itu, dia juga meminta masyarakat Desa Sawa agar tetap menerapkan protokol kesehatan, yakni, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Saya selaku Kasat Binmas mengajak kepada seluruh masyarakat agar tetap menerapkan protokoler kesehatan. Kami juga berharap, masyarakat Desa Sawa ini turut mendukung program pemerintah yaitu ikut serta dalam melakukan vaksinasi vaksinasi,” pungkasnya. (MG-1)

Comment