by

Pemdes SBT Diberi Pemahaman Penggunaan DD

beritakotaambon.com – Puluhan perangkat Pemerintah Desa (Pemdes) yang ada di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), diberikan pembinaan peningkatan kualitas penggunaan dan pengelolaan Dana Desa (DD).

Meraka yang hadir, kepala pemerintah negeri dan negeri administratif, sekretaris, serta kaur keuangan desa. Kegiatan berlangsung di aula Kementerian Agama (Kemenag) SBT, Sabtu (21/08).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Jafar Kwairumaratu, saat hadir memberi materi kepada aparatur pemerintah desa mengatakan, pembinaan sangat penting dilakukan, agar perangkat desa punya pengetahuan matang soal penggunaan keuangan DD.

Baca juga:
Ditiolebit Jabat Ketua DPC PKB MBD

Apalagi kata Kwairumaratu, perkembangan regulasi yang setiap saat berubah-rubah, tentu menjadi tantangan yang harus dihadapi.

“Ini perlu dilakukan, guna menjawab perkembangan regulasi yang setiap saat berubah-rubah. Tentu menjadi tantangan yang harus dihadapi untuk mewujudkan pemerintahan desa yang good governance dan cleaning government,” ucapnya.

Menurutnya, profesionalisme kepala desa dan perangkat desa harus juga mantap. “Jadi kalau kepala desa dengan perangkat punya kemampuan professional, maka yakni pemerintah negeri ini masuk pada kategori tadi,” imbuhnya.

Baca juga: Sabono Deklarasi Pemekaran Kecamatan Baru di KKT

Ia menjelaskan, pekan depan kegiatan serupa akan dilakukan terhadap Badan Permusyawaratan Negeri (BPN) dan Badan Permusyawaratan Negeri Administratif (BPNA) di Kabupaten SBT. “Agar mereka mengetahui tugas dan fungsinya sebagai agen pengawasan pada tingkat desa, sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Pemendagri) nomor 73. (SOF)

Comment