by

Pemdes Seith Tuntas Pendataan IDM

Pemerintah Desa (Pemdes) Seith, Kecamatan Teluk Kaiely, telah menuntaskan proses pemutahiran data Indeks Desa Membangun (IDM) berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) tahun 2021.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Seith, Ismail Umasugi, mengungkapkan, setelah melalui proses pendataan sejak Mei 2021 lalu, akhirnya tim relawan pokja pemutakhiran data IDM berbasis SDGs Desa Seith berhasil merampungkan proses pendataan pada 21 Juni 2021.


Alhamdulillah, pendataan yang dilaksanakan oleh tim relawan pokja itu sudah melaksanakan tugasnya dengan baik. Mereka turun langsung ke masyarakat untuk mendapatkan data yang akurat dan terstruktur. Setelah itu, kami akan sahkan hasil pendataan itu dalam Musyawarah Desa,” kata Ismail, kepada BeritaKota Ambon, Senin (21/6).

Menurut dia, ada empat Survei yang harus dilakukan oleh tim relawan. Yakni, Survei Desa, Survei RT/Rw, Survei Keluarga, dan Survei Individu.

Keempat survei itu harus diteliti dengan baik, agar dapat menjadi dasar dalam melakukan pendataan yang valid, akurat, konkrit, mikro, dan transparan.

Data IDM berbasis SDGs, terangnya, akan memandu pemerintah desa dalam melakukan pembangunan. Bukan berdasarkan keinginan elit atau segelintir tokoh, namun berdasarkan kebutuhan rill masyarakat.
Untuk itu, dia berharap, melalu hasil rekap akhir data yang diperoleh, dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan Desa Seith, sehingga dapat menjadi desa maju dan desa yang mandiri.

“Dengan hasil rekap akhir tersebut, diharapkan nantinya bisa memberi dampak positif untuk kemajuan desa, dalam hal ini percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan,” pungkas Ismail. (MG-1)

Comment