by

Pemdes Tifu Berdayakan PKK Produksi Pangan Lokal

Ambon, BKA- Pemerintah Desa (Pemdes) Tifu, Kecamatan Lolong Guba, menggelar kegiatan peningkatan kinerja Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), pada 27 Januari lalu.

Peningkatan kinerja itu berupa peningkatan ketrampilan, terutama dalam hal pengelolaan pangan lokal. Seperti Sagu Tutup Pola.

Kegiatan peningkatan kinerja TP PKK Desa Tifu tersebut menggunakan anggaran tahun 2020, dan dilakukan menggunakan standar protokol kesehatan, seperti, mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, yakni, Camat Lolong Guba, Anthonius Besan, Penjabat Kepala Desa (Kades) Tifu, Zet Belen, Bambinsa serta TP PKK Desa Tifu.


Penjabat Kades Tifu, Zet Belen, mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya, yakni, pembinaan PKK.

“Dengan adanya kegiatan peningkatan kinerja ini, apakah ada peningkatan kegiatan-kegiatan yang dibuat oleh PKK atau tidak, nanti sebagai bahan evaluasi. Tujuan agar nanti PKK bisa melakukan kegiatan-kegiatan lanjutan lainnya, supaya bisa membedakan ibu-ibu PKK yang di Desa Tifu sesuai dengan keterampilannya,” kata Belen kepada BeritaKota Ambon, Selasa (2/2).

Orang nomor satu di Pemdes Tifu itu menjelaskan, saat ini pihaknya memang tengah fokus meningkatkan keterampilan PKK. “Sekarang ini kami berdayakan ibu-ibu PKK dengan produksi makanan lokal, yaitu, Sagu Tutup Pola yang merupakan ciri khas dari orang Buru yang kami lagi kembang ini,” ungkapnya.

Belen menambahkan, tahun 2021 ini dalam program pemberdayaan akan menlanjutkan pengembangan Sagu Tutup Pola dalam segi pengelolaan.

“Kami untuk 2021 ini masih tetap lanjut dengan pengembangan-pengembangan Sagu Tutup Pola. Kemarin (2020) kan prosesnya, belum ada pengembangan,” pungkasnya. (MSR)

Comment