by

Pemdes Tifu Rencana Bangun 9 Unit RLH

Ambon, BKA- Pemerintah Desa (Pemdes) Tifu, Kecamatan Lolong Guna, berencana membangun 9 unit Rumah Layak Huni (RLH) bagi masyarakat kurang mampu.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Tifu, Zeth Belen, mengatakan, pembangunan RLH itu akan menggunakan Dana Desa (DD). Sebab telah dimasukkan sebagai salah satu program prioritas desa tersebut, pada tahun anggaran 2021.

“Ini merupakan program berkelanjutan. Targetnya itu sebanyak 9 unit rumah pada tahun ini, menggunakan Dana Desa,” kata Zeth, kepada BeritaKota Ambon, Senin (8/3).


Menurutnya, program bantuan RLH menggunakan DD tersebut sudah dilakukan sejak 2020 lalu, yang berhasil membangun 8 unit RLH bagi masyarakat kurang mampu.

“Bantuan rumah adalah kebutuhan dasar bagi semua orang, guna memperkuat keluarga sebagai pilar utama dalam berumah tangga. Rumah berperan sebagai benteng pertahanan pertama melawan berbagai risiko kesehatan, termasuk pandemi Covid-19,” terang Zeth.

RLH yang telah dan akan dibangun, ungkapnya, memiliki ukuran 6×6 meter, yang di dalamnya terdapat kamar mandi, plafon, serta kelengkapan lainnya.

Untuk mendapat bantuan RLH DD, tambahnya, ada persyaratan yang dibuat Pemdes Tifu. Diantaranya, penerima bantuan harus sudah berumah tangga, memiliki tanah sah dan punya legalitas tanah, serta berstatus tidak mampu.

“Untuk persyaratannya itu, yang pertama, dia punya rumah tidak layak huni, yaitu, rumah papan. Terus punya tanah, dan sudah berkeluarga pastinya,” ujarnya.

Dia berharap, bantuan rumah tersebut dapat meningkatkan taraf ekonmi masyarakat penerima bantuan. “Kami berharap, bantuan rumah ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Sehingga mereka tidak lagi susah untuk bangun rumah, tinggal fokus saja cari nafkah,” pungkasnya (MG-1).

Comment