by

Pemdes Ubung Gelar Musrenbangdes

Ambon, BKA- Pemerintah Desa (Pemdes) Ubung, Kecamatan Lilialy, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) pada 28 Januari, pekan lalu.

Pada kegiatan yang dihadiri langsung Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Buru, M. Yamin Maskat, dan Camat Lilialy, Moh. Nasir waiulung, Pemdes Ubung membacakan hasil forum Musdes yang telah dirativikasi oleh tim penyusun, yang dilaksanakan pada beberapa bulan yang lalu.


Penjabat Kepala Desa Ubung, Farhri Umagapy, mengatakan, Musrembangdes yang dilakukan itu bertujuan untuk menyepakati hasil ratifikasi yang sudah direkap kedalam RKPDes, untuk menjadi acuan dalam program kerja desa tahun anggaran 2021 nanti.

Lanjutnya, pada pembahasan terkait RKP Desa Ubung, hasil Musdes tersebut sudah direkap kedalam Pagu anggaran 2021, diantaranya ADD dan DD.


“perlu saya luruskan, bahwa hasil Musyawarah Desa kemarin sudah kita rekap, ada di RKP yaitu ADD dan DD Rencana Kerja Pemerintah Desa Ubung Tahun 2021. Nantinya kita sejalan dengan Pagu anggaran, baik ADD maupun DD untuk Desa Ubung tahun 2021,” ungkapnya.

Khusus untuk usulan program yang tidak terlalu mendasar bagi kebutuhan desa, nanti akan diteruskan ke Forum Musrenbang Kecamatan dan akan diakamodir oleh APBD. Karena hanya program prioritas desa saja yang direkap kedalam RKP Desa Ubung untuk anggaran ADD dan DD tahun 2021.

“Kalau kebutuhan yang belum terlalu substansial, itu kita masukan nanti di APBD. Nantinya kita bawa di Musrenbang Kecamatan,” pungkasnya.(MG-1)

Comment