by

Pemdes Wabloy Baru Salurkan BLT Bulan Januari

BURU-BKA, Pemerintah Desa (Pemdes) Wabloy, Kecamatan Lolong Guba, baru menuntaskan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) bulan Januari.

Penjabat Kepala Desa (Kades), Wabloy Gafar Besan, mengungkapkan, khusus untuk desa yang dipimpinnya penyaluran BLT baru dilakukan untuk bulan Januari, pekan lalu.

Baca:
Waeperang Salurkan BLT Februari

Penyalurannya diberikan kepada 41 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), sebesar Rp 300.000 per KPM.

“Kami sudah salurkan BLT DD bulan Januari, pada minggu lalu, bagi sebanyak 41 KPM, dengan besaran nominal sebesar 300 ribu per KPM. Jadi kalau dihitung-hitung, alokasi Dana Desa untuk BLT setiap bulan sebesar Rp 12.300.000, bagi 41 KPM. Jadi kalau selama satu tahun kan lumayan terkuras DD-nya,” kata Gafar, Rabu (28/7).

Untuk jumlah penerima BLT, katanya, sama dengan tahun 2020 lalu. Namun terdapat perubahan data penerima. Sebab data penerima BLT tahun lalu yang saat ini menerima bantuan lain dari pemerintah, akan diganti dengan data masyarakat lain yang memenuhi syarat penerima BLT.

“BLT DD ini kan diperuntukkan bagi masyarakat miskin yang terdampak pandemi Covid-19. Jadi semua bantuan yang masuk di Desa Wabloy, baik dari PKH, BST, BLT, maupun bantuan dalam bentuk lain, itu semua kita fokuskan ke masyarakat yang kurang mampu, seperti yang sudah lansia atau warga yang sudah kehilangan pekerjaan karena pandemi ini,” ungkap Gafar.

Untuk itu, dia berharap, bantuan dari DD itu dapat mengatasi kebutuhan sehari-hari masyarakat, yang terdapak pandemi Covid-19.

Baca:
Waiheru Alokasi Anggaran Tangani Stunting

“Dengan adanya BLT ini diharapkan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat selama masa pandemi,” pungkasnya. (MG-1)

Comment