by

Pemdes Waegeren Bentuk Tim SDGs

Ambon, BKA- Pemerintah Desa (Pemdes) Waegeren, Kecamatan Lolong Guba, melakukan sosialisasi dan pembentukan tim SDGs (Sustainable Development Goals), 25 Maret 2021 lalu.


Penjabat Kepala Desa (Kades) Waegeren, Muhammad Ali Sugianto, mengatakan, SDGs Desa merupakan program pemerintah pusat, dalam upaya mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi yang tumbuh merata, desa peduli lingkungan, desa peduli kesehatan, dan desa maju untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

“SDGs ini merupakan kerangka kerja pembangunan yang menjadi panduan bagi desa, dalam upaya menentukan prioritas dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan,” kata Ali, kepada BeritaKota Ambon, Minggu (28/3).

Untuk itu, terangnya, SDGs Desa merupakan kebijakan pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, salah satu tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa, yakni, membangun desa tanpa kemiskinan dan desa tanpa kelaparan.

“Tujuan dan sasarannya itu ada 18 poin, sesuai dengan Permendes Nomor 13 tahun 2020, salah satunya bertujuan untuk membangun desa tanpa kemiskinan dan kelaparan,” ungkapnya.

Karena itu, Ali menilai, sosialisasi dan pembentukan tim SDGs sangat penting. Apalagi saat ini, pemerintah tengah mempersiapkan penyusunan kegiatan rencana kerja lima tahunan, guna pelaksanaan kegiatan daerah, baik secara langsung maupun tidak langsung.


Lanjutnya, dalam upaya mencapai tujuan dan sasaran yang termasuk dalam SDGs Desa ditengah kondisi pandemi covid-19, tidaklah mudah. Sebab penggunaan dana desa banyak diprioritaskan untuk penangan Covid-19.

Dia berharap, setelah pembentukan tim tersebut, semua pihak yang tergabung dalam tim agar mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kemampuan pendataan.

“Ini baru sosialisasi pembentukan tim. Nanti ada pelatihan. Nah kami berharap kepada mereka yang tergabung dalam tim, bisa bekerja secara maksimal dan memiliki validitas dalam pendataan,” pungkas Ali.(MG-1).

Comment