by

Pemdes Waegeren Bersama Bhabinkamtibmas Tertibkan Pasar

Ramai masyarakat datang ke pasar sepanjang bulan Ramadhan, membuat para pedagang turut bersemangat untuk menggelar dagangannya. Badan jalan tak luput dari aktivitas mereka, sehingga menyebabkan kemacetan.

Melihat kondisi itu, Pemerintah Desa (Pemdes) Waegeren, Kecamatan Lolong Guba bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas, menggelar giat penertiban pasar guna mencegah kemacetan.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Waegeren, Muhammad Ali Sugianto, mengatakan, untuk mencegah kemacetan akibat aktivitas jual beli di depan pasar, maka perlu dilakukan upaya-upaya penertiban aktivitas masyarakat dan penataan tempat kendaraan bermotor atau parkiran.


“Untuk menjaga ketertiban pasar dan lalulintas jalan, maka perlu diadakan penertiban dari para pedagang, lapak di pinggir jalan dan penataan tempat parkir kendaraan, yang sudah sampai di badan jalan,” kata Ali, kepada BeritaKota Ambon, Selasa (27/4).

Giat penataan pasar itu dilakukan tiga kali dalam sepekan, yakni, setiap Senin, Rabu dan Sabtu. Hal sudah menjadi kegiatan tahunan setiap pertengahan bulan Ramadhan. Karena saat itu, pasar sangat ramai.

Memang, ungkapnya, Pasar Desa Waegeren merupakan pasar terpadat di wiliyah Kecamatan Waeapo dan Kecamatan Lolong Guba.

“Program ini dilaksanakan mulai hari Senin kemarin, karena Pasar Waegeren adalah pasar terpadat di dataran Waeapo dan Lolong Guba, setiap H-15 jelang hari raya,” ungkap Ali.

Disisi lain, dengan padatnya aktivitas pasar menimbulkan kekhawatiran baru di tengah pandemi Covid-19. Yakni, meningkatnya angka penularan virus corona.

Untuk itu, di sela-sela kesibukan masyarakat di pasar tersebut, pihaknya terus memberikan himbauan kepada masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, untuk mengantisipasi terjadinya klaster baru.

“Kami sudah umumkan kepada mereka, terkait penggunaan prokes itu. Mudah-mudahan warga dan pedagang dapat memahami dan mematuhi, sehingga virus Covid-19 tidak sampai menyebar di pasar tradisional ini,” ujarnya.

Ali berharap, masyarakat dapat memahami tindakan yang dilakukan oleh Pemdes Waegeren yang bekerja sama dengan Bhabinkantibmas dalam giat penertiban pasar.

“Saya selaku Penjabat Kepala Desa Waegeren berterima kasih atas inisiatif bapak Bhabinkamtibmas, yang sangat tanggap terhadap situasi dan kondisi yang ada. Bagi para pelapak diharapkan kesadarannya untuk sama-sama menjaga ketertiban umum di pasar tersebut,” pungkas Ali. (MG-1).

Comment