by

Pemdes Waegeren Gelar Pelatihan Pendataan IDM Berbasis SDGs

Pemerintah Desa (Pemdes) Waegeren, Kecamatan Lolong Guba, menggelar pelatihan pendataan IDM untuk Tim Relawan Pokja berbasis SDGs.

Pelatihan tersebut digelas di Balai Desa Waegeren, 24 Mei 2021 lalu, yang turut dihadiri tim ahli kabupaten atau (TA PP) P3MD Kabupaten Buru, Yayat Hidayat, sebagai nara sumber.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Waemorat, Mohamad Ali Sugianto, mengatakan, pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan orientasi kinerja dan pembekalan bagi tim relawan pokja, agar siap secara mental, teknis, pengetahuan, dan keterampilan, dalam melakukan pendataan. Sehingga diperoleh data yang lebih valid, mikro, dan sesuai kondisi masyarakat desa.


“Pelatihan teknis ini terkait pengisian format dari instrumen pendataan. Mulai dari keluarga, RT, dusun dan desa. Kemudian penginputan, pelaporan, baik data manual maupun data lewat sistem,” kata Ali Sugianto, kepada BeritaKota, Kamis (3/6).

Menurutnya, kegiatan pemutakhiran data SDGs akan sumber data dan informasi, dalam menentukan kebijakan pembangunan desa.

Selain itu, katanya, untuk mengetahui kondisi perkembangan kemandirian desa, sekaligus ketepatan intervensi kebijakan pemerintah, terkait pembangunan desa yang akan dilakukan pemerintah dengan melibatkan peran aktif masyarakat.

“Pendataan berbasis IDM ini kan, merupakan program pemerintah, Merujuk dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, sasarannya itu membangun desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, dan lain-lain, yang jelas ada 18 poin kalau tidak salah,” tutupnya.(MG-1).

Comment