by

Pemdes Waekerta Fokus Pembangunan dan Pemberdayaan

Ambon, BKA- Pembangunan dan pemberdayaan masyarakat menjadi program kerja prioritas Pemerintah Desa (Pemdes) Waekerta, Kecamatan Waeapo, pada 2021 ini.

Hal tersebut sesuai hasil pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembagunan Desa (Musrembangdes) tahun anggaran 2022, dan penetapan rencana kerja pemerintah desa (RKPDes) tahun anggaran 2021 Desa Waekerta, yang digelar pada 30 Januari lalu.

Musrembangdes yang dipusatkan di Balai Pertemuan Desa Waekerta itu turut dihadiri Camat Waeapo, Baharudin Besan, Penjabat Kepala Desa (Kades) Waekerta, M. Basri Soamole, Ketua BPD Desa Waekerta, Banbisa Desa Waekerta serta masyarakat.


Penjabat Kades Waekerta, M. Basri Soamole, mengatakan, kegiatan Musrembangdes tersebut merupakan kegiatan tahunan, yang dilaksanakan pemerintah desa untuk menetapkan program yang akan dijalankan selama setahun.

“Untuk tahun ini, dalam pembangunan itu ada pembangunan talut dan rabat jalan makam, pembangunan parkiran masjid dan MCK kantor desa,” kata Basri, kepada BeritaKota Ambon, Selasa (16/1).

Selain pembangunan, Pemdes Waekerta juga memprioritaskan program pemberdayaan masyarakat, demi meningkatkan ekonomi masyarakat ditengah pandemi Covid-19.


“Dalam bidang pemberdayaan itu ada penguatan sarana dan prasarana kelompok usaha pupuk bokasi milik desa, dan pelatihan pembinaan kader kesehatan,” ungkapannya.

Tak hanya itu, pemerintah desa juga diwajibkan untuk menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) selama 12 bulan kepada penerima bantuan.

“Pemerintah desa wajib anggarkan bantuan BLT di tahun 2021 ini, masyarakat wajib terima BLT selama 12 bulan atau 1 tahun,” pungkasnya. (MSR)

Comment