by

Pemdes Waekerta Pertegas Prokes Jelang Idul Fitri

Pemerintah Desa (Pemdes) Waekerta, Kecamatan Waeapo, melakukan penegasan penerapan porotokol Kesehatan (Prokes) kepada masyasarakat.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Waekerta, M. Basri Soamole, mengatakan, hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menekan penularan Covid-19 di tengah-tengah masyarakat.

Mendukung penegasan penerapan Prokes yang dilakukan Pemdes Waekerta bagi masyarakat, dimulai dari pembentukan Posko Covid-19 hingga penyiapan atribut Prokes.


“Saya sudah meminta kepada staf desa untuk pengadaan atribut berupa perlengkapan prokes, mulai dari masker, tempat untuk mencuci tangan, sampai pada pengadaan posko Covid-19,” kata Basri, Kepada BeritaKota Ambon, Kamis (6/5).

Selain pengadaan kelengkapan prokes, sebelumnya sudah dilaksanakan sosialisasi tentang penerapan Prokes bagi masyarakat dalam setiap aktivitas diluar rumah, termasuk di mesjid maupun di pasar.

Sosialisasi itu dilakukan secara lisan, berupa himbauan langsung kepada masyarakat maupun dalam bentuk pemasangan baliho atau poster.

“Kami sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, bahkan kami sudah pasang poster-poster tentang penerapan protokol kesehatan,” ungkap Basri.


Menjelang Lebaran Idul fitri ini, lanjut dia, masyarakat wajib menggunakan masker saat keluar rumah atau pergi ketempat ibadah, dan tetap menjaga jarak ketika melaksanakan shalat berjamaah.

Dengan upaya melakukan pencegahan seperti ini, katanya, penularan virus corona di Desa Waekerta dicegah. Sehingga masyarakat tetap aman dari wabah yang berbahaya itu.

“Masyarakat yang menuju ke masjid atau ke tempat-tempat yang ramai, diharapkan semua menggunakan masker dan tetap menjaga jarak dalam melaksanakan ibadah, sehingga tidak terjadi klaster baru di sini (Desa Waekerta),” pungkas Basri.(MG-1).

Comment