by

Pemdes Waemorat Gelar Pelatihan Pendataan IDM Berbasis SDGs

Pemerintah Desa (Pemdes) Waemorat, Kecamatan Batabual, menyelenggarakan pelatihan tim relawan pokja pendataan IDM yang berbasis SDGs (Sustainable Development Goals) Tahun 2021.

Pelatihan yang digelar di Balai Desa Waemorat, 28 Mei 2021, itu diikuti oleh tim relawan dari tiga desa berdekatan. Yakni, relawan Desa Waemorat sebanyak 14 orang, relawan Desa Ilath berjumlah 14 orang, serta relawan Desa Namlea Ilath berjumlah 11 orang.


Penjabat Kepala Desa (Kades) Waemorat, Mochdar Bugis, mengungkapkan, pelatihan tim relawan pokja pendataan di Kecamatan Batabual, dilakukan secara berkelompok. Untuk quarter pertama, diikuti Desa Waemorat, Desa Ilath, serta Desa Namlea Ilath.

SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan, yang masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa tahun anggaran 2021. Hal Ini, kata Mochdar, merupakan upaya mewujudkan desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring dan desa tanggap budaya.

Sehingga dia berharap, melalui kegiatan pemutakhiran data SDGs desa nanti, selain sebagai sumber data dan informasi dasar dalam menentukan kebijakan pembangunan desa, juga bermanfaat untuk melihat kondisi perkembangan kemandirian desa dan ketepatan intervensi kebijakan pemerintah, terkait pembangunan desa yang dilakukan pemerintah yang melibatkan peran aktif masyarakat desa.


Untuk itu, dia meminta pokja relawan pendataan, benar-benar serius dalam mengikuti materi yang disampaikan oleh pemateri, sehingga dapat memahami dan mampu diaplikasikan dilapangan sesuai dengan tugas yang diemban.

“Data IDM ini kan sebagai sumber informasi tentang pembangunan desa, makanya tim relawan pokja ini harus betul-betul serius menerima materi. Sehingga mereka bisa memahami dan mampu mengaplikasikan dilapangan nanti,” kata Mochdar, Minggu (30/5).

Lanjutnya, dia juga berharap, dengan adanya pelatihan ini, para tim pokja relawan SDGs benar-benar memberikan informasi terkait pembangunan Desa Waemorat secara detail dan akurat. Sehingga kedepan, dapat meningkatkan status desa menjadi desa yang maju.(MG-1).

Comment