by

Pemdes Waemorat Tuntaskan Program 2020

Ambon, BKA- Pandemi Covid-19 tidak menghalangi Pemerintah Desa (Pemdes) Waemorat, Kecamatan Batabual, untuk menuntaskan semua program desa yang telah dianggarkan pada 2020.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Waemorat, Mocdar Bugis, mengungkapkan, yang telah ditetapkan dalam APBDes 2020 tetap dijalankan sesuai rencana awal.


“Alhamdulillah, progres tahun 2020 untuk Desa Waemorat capaiannya sudah masuk tahap 100 persen terselesaikan. Tidak ada kendala dalam bentuk apapun terkait dengan program yang sudah saya jalankan,” ungkap Mocdar, kepada Beritakota Ambon, Senin (28/12).

Ada sejumlah program yang ditetapkan dalam APBDes, diantaranya, pemberdayaan masyarakat di bidang pertanian dan perikanan, berupa pemberian bantuan 35 unit perahu fiber bagi nelayan dan bantuan 50 unit mesin senso mini bagi petani. Ada juga program bantuan siswa miskin dalam bentuk operasional kelengkapan sekolah.

Selain itu, ada juga program fisik yang telah dianggarkan di 2020 dan telah selesai dikerjakan, yakni, pembuatan pagar desa untuk jalan desa dan jalan utama yang digunakan untuk lintas.

Dia mengungkapkan, ditengah kondisi pandemi Covid-19 yang tengah mewabah, pemerintah juga mengalokasikan Dana Desa (DD) untuk bantuan sosial dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT).

“Dan didalam terdapat ada bantuan sentuhan langsung kepada masyarakat, yaitu, Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebagaimana yang sudah saya salurkan mulai dari bulan April sampai sekarang (Desember) untuk tahap terakhir tahap III,” ujarnya.

Untuk penyaluran BLT DD tahap III Desa Waemorat, katanya, akan disalurkan pekan depan, bersamaan dengan pengadaan barang dibidang pertanian dan perikanan untuk masyarakat desa.

“Insya Allah, saya salurkan minggu depan sesuai dengan rencana, untuk sekaligus penyerahan dengan pemberdayaan yang dimaksud tadi (penyerahan mesin senso mini dan perahu fiber),” pungkasnya. (MSR)

Comment